Artikel

26 WNI Berhasil Dievakuasi dari Afghanistan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi 26 Warga Negara Indonesia (WNI) dari kota Kabul, Afghanistan. Hal itu dilakukan lantaran kondisi di Afghanistan yang mencekam usai pengambil alihan kekuasaan oleh kelompok Taliban.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengumumkan hal tersebut melalui akun Twitter resmi @Menlu_RI .

Menlu Retno mengatakan ke-26 WNI tersebut telah dievakuasi menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara.

"Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU,” tulis Menlu.

Menurutnya, saat ini pesawat yang membawa 26 WNI tersebut sudah berada di Islamabad, Turki untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia. Menlu juga menjelaskan keterangan tentang WNI yang berada di pesawat evakuasi tersebut.

"Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staf KBRI, 5 warga negara Filipina, dan 2 warga negara Afghanistan (suami dari WNI dan staf lokal KBRI)," ujarnya.

Potret yang beredar di dunia maya menampilkan proses evakuasi puluhan WNI. Terdapat dua foto yang menampilkan proses evakuasi.

Foto pertama menunjukkan pesawat TNI AU tengah parkir dengan pintu terbuka dan tangga menjulur ke bawah di sebuah landasan. Terlihat beberapa pria mengenakan seragam TNI AU dan beberapa pria lainnya mengenakan pakaian sipil.

Foto kedua memperlihatkan situasi di dalam pesawat. Para WNI yang telah dievakuasi tampak duduk di kursi pesawat. Ada yang mengenakan masker, dan ada juga yang mengenakan masker oksigen.

Melansir Detik.com, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membenarkan foto tersebut adalah proses evakuasi WNI dari Afghanistan.

"Kalau lihat registrasi pesawat A-7305 sudah sesuai," kata Hadi, Sabtu (21/8)

Sebelumnya, Kemenlu berencana mengevakuasi WNI di Afghanistan terkait situasi dan kondisi di negara tersebut setelah direbut Taliban. Namun, rencana tersebut masih terus dimatangkan. Lantaran proses dan penetapan waktu evakuasi harus dipertimbangkan dengan matang. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: