Artikel

Ada Tsunami Covid-19, KBRI Minta WNI di India Daftar Vaksin

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Tsunami Covid-19 tengah menyerang India saat ini. Lebih dari 300 ribu orang setiap hari dinyatakan positif Covid-19.

Melihat kondisi ini, Kedutaan Besar RI (KBRI) di New Delhi meminta Warga Negara Indonesia (WNI) segera mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Bagi mereka yang belum memperoleh vaksin, pendaftaran untuk vaksinasi dimulai hari Sabtu dan dilakukan sendiri-sendiri melalui website cowin.gov.in,” kata Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI New Delhi, Hanafi, seperti dikutip dari laman CNNIndonesia, Minggu(25/4).

Menurut Hanafi selama ini pemerintah India memprioritaskan vaksinasi pada penduduk lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun serta penduduk yang punya komorbid di atas 45 tahun. Namun, kebijakan itu berubah sejak lonjakan wabah ini.

“Pemerintah India mengubah kebijakan mulai 1 Mei akan membebaskan semua, 18 tahun ke atas boleh vaksin setelah adanya lonjakan kasus,” jelasnya.

Hanafi menambahkan sejumlah WNI di rentang usia prioritas sudah mengikuti program vaksinasi di India.

Hingga saat ini, KBRI terus melakukan pemantauan terhadap sekitar 750 WNI di India. Selain itu juga mengimbau untuk tetap tinggal di rumah dan mematuhi pembatasan yang ditetapkan pemerintah setempat.

Untuk diketahui, sejumlah negara bagian mulai melakukan pembatasan sosial untuk menekan lonjakan kasus baru. India saat ini tengah mengalami gelombang dua pandemi Covid-19.

Data dari Kementerian Kesehatan India menyebutkan kasus Covid-19 di negara itu meningkat sebanyak 314.835 dalam sehari pada Kamis (22/4).

Angka ini merupakan lonjakan kasus harian terbesar di dunia yang sebelumnya terjadi di Amerika Serikat Januari lalu dengan jumlah kasus 297.439. (CHE)