Artikel

Antisipasi Lonjakan Kasus, Pemerintah Siapkan Tes Covid-19 Acak saat Arus Balik

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah menyiapkan sejumlah lokasi pelaksanaan rapid test antigen bagi pemudik selama arus balik Lebaran. Hal ini guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 paska libur Lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan pemudik akan dites secara acak menggunakan rapid test antigen.

“Jalan nasional ada tiga, yakni di perbatasan Cirebon, Lohbener Indramayu, dan filter terakhir di Balonggandu (Karawang),” kata Budi mengutip Kompas TV, Minggu (16/5).

Pemudik yang kedapatan positif Covid 19, dijelaskan Budi, akan ditangani Kementerian Kesehatan. Untuk mengantisipasi hal ini, Satgas Penanganan Covid-19 juga akan berkomunikasi dengan satgas daerah tujuan pemudik. Sedangkan apabila hasil tesnya negatif, pemudik dipersilahkan melanjutkan perjalanan.

“Sementara untuk jalur tol, pelaksanaan rapid test akan dilakukan di 21 rest area di jalur tol dari Surabaya hingga Jakarta. Untuk wilayah Karawang ada tiga, yakni Rest Area Kilometer 62, 47, hingga 42 Tol Jakarta-Cikampek,” jelasnya.

Menurut Budi, tes acak ini ditargetkan untuk menyasar mayoritas pemudik. Diharapkan masyarakat yang melakukan perjalanan sudah memastikan diri dalam keadaan sehat, dan telah melakukan pemeriksaan Covid-19 secara mandiri.

“Harapannya pemudik sudah melakukan rapid test antigen di tempat masing-masing, di klinik, rumah sakit dan sebagainya, sebagai dokumen perjalanan yang bersangkutan,” ujar Budi.

Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra mengatakan skema pelaksanaan tes antigen secara acak juga memperhatikan kepadatan arus balik mudik. Penyekatan arus balik akan dilakukan hingga 17 Mei 2021.

“Kita mengantidipasi arus balik ini, enggak mungkin kita kembalikan. Proses penyekatan kita utamakan pada swab antigen,” kata Rama. (CHE)


0 komentar untuk “Antisipasi Lonjakan Kasus, Pemerintah Siapkan Tes Covid-19 Acak saat Arus Balik”
Berikan Komentar: