Artikel

Bahas Palestina, Menlu Retno Temui Pimpinan PBB di New York

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bertemu dengan Presiden Majelis Umum dan Presiden Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York. Pertemuan ini membahas situasi Palestina dan di Timur Tengah jelang pertemuan darurat PBB.

“Pagi ini saya tiba di New York untuk mengikuti sejumlah pertemuan yang membahas situasi di palestina. Saya akan menghadiri pertemuan darurat untuk mendiskusikan masalah Palestina dengan Presiden Majelis Umum, Presiden Dewan Keamanan dan beberapa Menteri Luar Negeri,” kata Menlu lewat cuitannya di akun twitter @Menlu_RI, Rabu (19/5).

Sidang umum PBB ini sedang berlangsung hari ini Kamis (20/5) sejak pagi hari waktu New York.

Dalam sebuah video singkat, Menlu mengatakan pertemuannya dengan Presiden Majelis Umum PBB, Volkan Bozkir untuk membahas pertemuan yang akan berlangsung hari ini. Lewat cuitan di akun Twitternya @volkan_bozkir, Volkan menuliskan pertemuannya dengan Menlu mendiskusikan sejumlah isu utama dalam agenda Internasional termasuk Palestina.

Sedangkan dengan Presiden DK PBB, Zhang Jun, Menlu Retno membahas tentang pentingnya menyatukan suara dan mengambil langkah konkrit terhadap situasi di wilayah Palestina. Dalam pertemuan tersebut, keduanya berbagi keprihatinan atas situasi yang mengganggu tersebut. Keduanya menyerukan upaya mendesak untuk deeskalasi dan penyelesaian yang adil.

“Untuk besok, sekali lagi, saya akan hadir dengan sejumlah menteri luar negeri lain dalam pertemuan khusus majelis umum PBB. Ini adalah pertemuan pertama yang dilakukan in person, yang dihadiri oleh sejumlah menteri luar negeri. Ini menunjukkan betapa pentingnya isu mengenai Palestina ini untuk dibahas,” kata Retno.

Selain itu, Menlu Retno juga akan melakukan beberapa pertemuan dengan Menteri Luar Negeri dari negara lain. Diantaranya Menlu Turki, Menlu Palestina, Menlu Kuwait, Sekjen PBB serta utusan khusus Amerika Serikat (AS) untuk isu Afghanistan. (CHE)


5 komentar untuk “Bahas Palestina, Menlu Retno Temui Pimpinan PBB di New York”

oleh Owen putra  4 bulan yang lalu

"Saya bantu doa dri sini"

oleh Gerlad thomas  4 bulan yang lalu

"Terimakasih ibu menlu sudah berupaya keras mendukung palestina"

oleh Joana panggabean  4 bulan yang lalu

"Mari kita saling bekerja sama dan membantu negara lain"


Berikan Komentar: