Artikel

Bandara Ngloram Blora Diresmikan, Aktivitas Ekonomi Masyarakat Kian Lancar

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Ngloram yang berlokasi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada Jumat (17/12). Adanya bandara ini diharapkan membuat aktivitas kian lancar. 

Dalam sambutannya Presiden mengatakan, Bandara Ngloram ini memiliki landasan pacu sepanjang 1.500 meter. Terminal bandara ini memiliki luas encapai 3.200 meter persegi. 

“Bandara ini akan mempercepat aktivitas ekonomi bark di Blora, Bojonegoro, Tuban, Ngawi, mungkin sebagian Purwodadi dari Rembang. Saya kira akan lebin dekat apabila ingin terbang letat Bandara Ngloram ini,” kata Presiden mengutip siaran pers Biro Setpres, Jumat. 

Bandara Ngloram dibangun sejak tahun 2018 silam. Bandara ini didesain untuk bisa melayani 20 tribu penumpang tiap tahunnya. 

Selain untuk konektivitas dan aktivitas ekonomi, Presiden berharap keberadaan bandara ini mampu menarik investasi ke Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Tak hanya itu, Bandara Ngloram juga diyakini akan mempercepat distribusi barang baik antardaerah maupun antarprovinsi. 

“Mobilitas orang antarprovinsi, antarpulau, antarkota, antarkabupaten semuanya akan bisa kita tingkatkan lebih baik,” ujar Kepala Negara.

Dalam kesempatan yang sama, Mehteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, Bandara Ngloram merupakan salah satu bentuk komitmen dari pemerintah dalam membangun infrastruktur di daerah. 

Pemerintah pun tengah melakukan pembangunan bandara di beberapa titik di daerah.

"Saat yang sama kami sedang membangun di Fakfak, di Mentawai, Mandailing Natal, di Asmat, dan Nabire, dan insyaallah tahun depan selesai semuanya,” tutur Budi.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peresmian tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Blora Arief Rohman. (WIL)