Artikel

Bangga, Ini Deretan Game Buatan Indonesia yang Mendunia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Game (KBBI: Gim) di ponsel bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, game bisa menjadi alternatif hiburan tanpa harus keluar rumah dan berkerumun.

Perkembangan gim sendiri juga sangat pesat. Jika membuka kata kunci "game" di toko aplikasi seperti Playstore Android, kita akan disuguhkan ratusan bahkan ribuan gim yang bisa diunduh dan dimainkan.

Gim yang tersedia pun diklasifikasikan berdasarkan kategori. Mulai dari arkade, balapan, kartu, kasino, kata, laga, musik, olahraga, catur, pendidikan, petualangan, strategi, trivia, hingga game video console.

Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Umumnya, game yang ada di Playstore merupakan buatan pengembang dalam negeri hingga luar negeri. Ada beberapa game video yang sangat populer dan buatan pengembang luar negeri seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, dan sebagai.

Tapi rupanya pengembang dalam negeri juga tidak mau ketinggalan. Sejumlah game buatan Indonesia juga bisa bersaing dengan yang buatan luar negeri di kancah dunia. Berikut beberapa game buatan Indonesia yang mendunia itu:

1. Tahu Bulat

Ketika membaca atau mendengar "Tahu Bulat", pasti akan teringat jajanan yang dijajakan di mobil pickup dengan cara penawaran yang khas yaitu "tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan".

Ternyata, nama Tahu Bulat juga dijadikan game dan berhasil mendunia. Tahu Bulat dikembangkan oleh Own Game, dan sudah berseri yaitu Tahu Bulat 1 dan Tahu Bulat 2.

Dalam deskripsinya di Playstore yang dikutip Sabtu (28/8), Own Game mengaku game Tahu Bulat memang terinspirasi dari jajanan Tahu Bulat yang khas itu. Game ini mengajak pemainnya untuk berjualan tahu bulat, mendatangkan pembeli dan mendapatkan untung sebanyak-banyaknya.

2. DreadOut

Dreadout menjadi salah satu game buatan Indonesia yang mendunia dengan tema horor, dan dikembangkan oleh Digital Hapinnes.

Dalam game ini, ada satu karakter bernama Linda yang ceritanya sedang terjebak di sebuah kota angker. Game ini sangat Indonesia, karena Linda mengenakan seragam SMA serta hantu-hantu yang muncul khas seperti pocong hingga kuntilanak.

3. Coffee Talk

Game buatan Indonesia yang mendunia berikutnya adalah Coffee Talk. Game ini produksi Toge Production yang mengusung tema era 1990-an.

Game Coffe Talk ini mengajak para pemainnya untuk memerankan diri menjadi seorang barista sebuah kafe. Pemain akan melayani pelanggan, meracik kopi psanan, hingga menyiapkan stok kebutuhan kafe.

4. Valthirian Arc: Hero School Story

Game ini buatan studio game asal Indonesia bernama Agate. Game 4. Valthirian Arc: Hero School Story mengusung tema gameplay RPG-Action dan Simulation dalam waktu yang sama.

Game ini tampaknya sangat digemari. Hal ini dibuktikan dengan klaim bahwa pengembang game ini sudah balik modal dalam waktu singkat bahkan sudah hadir versi PC dan konsolnya.

5. Escape From Naraka

Game buatan Indonesia yang mendunia terakhir adalah Escape From Naraka. Sama seperti Dreadout, game Escape From Naraka ini mengusung tema horo dari budaya Bali.

Game Escape From Naraka dikembangkan oleh Xelo Gaes dan didesain sangat kental budaya Bali. Selain itu, game Escape From Naraka juga digandeng Nvidia untuk dapat menghasilkan kualitas gambar yang tinggi.

Demikian ulasan mengenai game buatan Indonesia yang mendunia. Yuk cintai produk-produk Indonesia, termasuk game-game buatan dalam negeri. (WIL)

Saksikan video pilihan berikut:


6 komentar untuk “Bangga, Ini Deretan Game Buatan Indonesia yang Mendunia”

oleh Anom  1 minggu yang lalu

"👍game nya terkenal"

oleh JAILANNY ACHMAD ABERIO  2 bulan yang lalu

"Hai"

oleh K3P0  2 bulan yang lalu

"widih gw bangga"


Berikan Komentar: