Artikel

Bansos Cair Lagi, Langsung Masuk ke Rekening Penerima

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah memastikan akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan diskon tarif listrik untuk membantu masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Presiden sangat mendorong agar bansos segera disalurkan saat PPKM mikro darurat,” kata Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dikutip dari Katadata, Minggu (4/7).

Menurutnya pemerintah akan memberikan bansos dalam bentuk BLT tunai selama dua bulan, kartu sembako, dan dana desa. Untuk mekanisme penyalurannya, akan melalui transfer tunai. Hal ini dilakukan untuk menghindari kasus korupsi bansos yang terjadi tahun lalu.

“Bantuan lainnya yang juga akan diberikan adalah diskon tarif listrik. Rencana ini juga sudah dibahas dengan Menteri ESDM,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan pemberian bansos paling lambat akan disalurkan pada pekan kedua Juli 2021.

“Bansos yang disalurkan meliputi Program Keluarga Harapan (PKH) yang menyasar 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM), Program Sembako sebanyak 18,8 juta KPM, dan perpanjangan Bantuan Sosial Tunai (BST) pada Mei-Juni 2021 untuk 10 juta KPM,” kata Menko PMK

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan penerima bansos PKH dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) mencapai 32,95 juta keluarga.

Untuk diketahui, data kementerian keuangan hingga Maret 2021, realisasi bantuan sosial (bansos) telah mencapai Rp 55 triliun. Jumlah ini meningkat 16,5 persen dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 47,2 triliun. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: