Artikel

Bentuk Transparansi, Alutsista Dipamerkan saat Peringatan Hari TNI

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76 tahun 2021 digelar di halaman Istana Merdeka, Selasa, 5 Oktober 2021. Tema tahun ini mengusung semboyan Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang.

Tak seperti biasanya, ada pemandangan berbeda saat peringatan hari TNI tahun ini, yakni dipamerkannya sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara di jalan sekitar Istana Kepresidenan, Jakarta.

Berdasarkan siaran pers yang diterima dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo memimpin upacara. Ia didampingi Ibu Negara, Iriana serta Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri, Wury Ma'ruf Amin.

Setelah upacara selesai dilaksanakan, dengan menaiki golf car, Presiden meninjau pameran alutsista tersebut. Presiden dan rombongan menuju Jalan Medan Merdeka Utara yang terletak persis di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Orang nomor satu di Indonesia ini mengatakan dipamerkannya alutsista dalam rangka hari ulang tahun TNI yang ke-76 adalah sebuah bentuk transparansi kepada publik.

“Ini bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini,” kata Kepala Negara dalam keterangannya usai peninjauan pameran alutsista.

Oleh sebab itu, Presiden berharap dengan digelarnya pameran alutsista tersebut, masyarakat bisa lebih mengetahui alutsista apa saja yang dimiliki oleh TNI, terutama peralatan yang jarang diketahui.

"Kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu bahwa kita misalnya telah memiliki Astros. Astros ini sebanyak 56, ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km, dan yang lain-lainnya nanti tolong ditanyakan ke Panglima TNI, KSAD, KSAL, atau KSAU,” ungkapnya.

“Jadi inilah yang kita miliki dan ini adalah pembelian-pembelian baru. Misalnya kalau yang ini Astros baru saja di 2014 kita membeli ini. Jadi kelihatan sekali barangnya masih barang-barang baru semuanya," tambah Presiden menjelaskan lebih lanjut.

Beberapa jenis alutsista lain juga dipamerkan dalam peringatan HUT TNI hari ini, seperti 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Selain itu, 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Untuk diketahui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004, TNI memiliki tugas dn fungsi pokok. Diantaranya sebagai alat negara di bidang pertahanan berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. (DIN)

Saksikan video pilihan berikut: