Artikel

Berbusana Adat Tanah Bumbu, Presiden Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021.

Upacara kali ini dilakukan secara virtual oleh Presiden dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (1/6).

Upacara peringatan dipusatkan di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, dengan sejumlah Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia.

Sejumlah unsur masyarakat seperti tenaga kesehatan hingga pelajar turut serta bertindak selaku bagian dari pasukan upacara dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tepat pukul 07.45 WIB, upacara dimulai dan yang bertindak selaku komandan upacara ialah Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor. Sementara itu, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya bertindak sebagai perwira upacara.

Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara memasuki tempat upacara secara virtual pada pukul 08.00 WIB dan diikuti laporan komandan upacara. Selanjutnya, Kepala Negara juga memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila itu sendiri. Terutama dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi pancasila tidak ringan,” kata Presiden mengutip keterangan resmi Sekretariat Presiden, Selasa (1/6).

Pancasila, dijelaskan Kepala Negara, menghadapi perkembangan global yang tidak serta merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan.

Upacara ini juga dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Kemudian Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman, Ketua KY Mukti Fajar, Ketua BPK Agung Firman Sampurna yang hadir secara daring.

Dalam upacara ini, Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas membacakan teks Pancasila sementara Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks pembukaan UUD 1945. (CHE)


5 komentar untuk “Berbusana Adat Tanah Bumbu, Presiden Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila”

oleh Gerald thomas  4 bulan yang lalu

"Mantap"

oleh Olivia margaretha  4 bulan yang lalu

"Selalu sebarkan berita positif ya min"

oleh Violaa  4 bulan yang lalu

"Selamat hari pancasila semua"


Berikan Komentar: