Artikel

Bersejarah, PON XX Papua Resmi Dibuka

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo hadir membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Sabtu (2/10). Pembukaan dilakukan di Stadion Lucas Enembe, Jayapura pada pukul 19.00 WIT atau 17.00 WIB tadi.

Dalam pembukaan itu, defile atlet, wasit dan ofisial memasuki arena pembukaan dan mengelilingi lapangan Stadion Lucas Enembe tersebut. Presiden tampak memasuki arena dengan mengenakan jaket berwarna merah putih dengan gambar burung dan bertuliskan PON XX.

Pembukaan PON ini bersejarah karena baru pertama kalinya digelar di Tanah Papua. Tarian tradisional Selamat Datang khas Papua turut mengiringi masuknya atlet ke arena stadion.

Kembang api juga dinyalakan di sekitar stadion. Berbagai penampilan juga disajikan seperti tari-tarian khas Papua, hingga penampilan Edo Kondologit, Michael Jakarimilena, dan Nowela Elizabeth Auparay yang menyanyikan lagu Aku Papua.

Lagu Indonesia Raya turut berkumandang dalam pembukaan itu. Setelahnya, panitia tampak mengibarkan bendera PON yang dibawa atlet legendaris asal Papua.

Turut hadir mendampingi Presiden di antaranya Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyala Mattaliti dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: