Artikel

Beruntung, Indonesia Telah Amankan Pasokan Vaksin COVID-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), António Guterres, mengkritik distribusi vaksin Covid-19 dalam pertemuan tingkat tinggi PBB, Rabu (17/2/2021). Ia menyatakan bahwa distribusi vaksin dinilai sangat tidak merata dan tidak adil. PBB mencatat terdapat 130 negara yang belum menerima satu dosis pun vaksin Covid-19. "Pada saat kritis ini, keadialn vaksin adalah ujian moral terbesar di hadapan komunitas global," kata Guterres, dilansir dari The Guardian, Kamis (18/2/2021).

Guterres menyerukan rencana vaksinasi global untuk menyatukan kekuatan demi memastikan distribusi vaksin yang adil. Masih dari The Guardian, Ia meminta negara dengan kekuatan ekonomi utama dunia yang tergabung dalam G20, membentuk gugus tugas darurat untuk membuat rencana dan mengoordinasikan pelaksanaan dan pembiayaannya. Satuan tugas ini harus memiliki kapasitas untuk memobilisasi perusahaan farmasi dan pelaku industri dan logistik utama.

Presiden Joko Widodo menyebut bahwa Indonesia termasuk beruntung karena berhasil mengamankan akses dan pasokan vaksin Covid-19 sejak awal pandemi. Sebab, saat ini negara-negara di dunia berpacu untuk mendapatkan vaksin virus corona.

"Indonesia termasuk salah satu negara yang beruntung, kita ini beruntung, dari awal pandemi kita sudah bergerak untuk mengamankan akses dan komitmen pasokan vaksin untuk negara kita Indonesia," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic, Selasa (23/2/2021). Ditargetkan vaksinasi dapat menjangkau 70 persen penduduk Indonesia atau sekitar 182 juta jiwa.

sumber: kompas.com


0 komentar untuk “Beruntung, Indonesia Telah Amankan Pasokan Vaksin COVID-19”
Berikan Komentar: