Artikel

Bio Farma Pastikan Distribusi Vaksin Covid-19 ke Daerah Aman

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Bio Farma, sebagai perusahaan yang mengemban tugas dari pemerintah sebagai penyedia vaksin Covid-19, terus mendistribusikan vaksin Covid-19 ke-34 provinsi di seluruh Indonesia.

Bio Farma menyatakan komitmennya untuk terus menjaga pasokan vaksin Covid-19 di Indonesia. 

Pasalnya, vaksin Covid-19 merupakan unsur penting saat ini. Untuk mengatasi pandemi, vaksin Covid-19 merupakan salah satu cara untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, di mana setidaknya 70 persen populasi dalam satu wilayah harus sudah divaksin.

Oleh sebab itu, Bio Farma menyiapkan sistem pelacakan (track & trace system) berbasis Internet of Things (IoT) untuk pendistribusian vaksin tersebut.

Dikutip dari laman infografis indonesiabaik.id, track and trace system berfungsi untuk melacak keberadaan vaksin secara digital mulai dari kualitasnya hingga sampai ke penerimanya.

Track and trace system juga digunakan untuk memantau suhu vaksin. Terdapat sensor temperatur pada truk berpendingin yang bisa dibaca selama perjalanan.

Agar tetap terjaga selama perjalanan dan ketika sampai tempat tujuan, suhu vaksin untuk jenis Sinovac temperaturnya harus berada antara 2-8° Celcius.

Tak berhenti di situ, Bio Farma juga melengkapi sistem GPS pada tiap truk berpendingin yang membawa vaksin. Hal ini dilakukan untuk memantau lokasi dimana vaksin itu berada agar sampai di tempat tujuan dengan aman tanpa kendala di lapangan.

Langkah pencegahan seperti adanya pemalsuan vaksin telah diantisipasi Bio Farma. Ada kode sistem identifikasi vaksin berbentuk 2D barcode yang berisi data produksi, tanggal kedaluwarsa dan nomor unik setiap vaksin.

Dengan adanya kode sistem ini, satu vial memiliki satu identitas, sehingga ketika pada praktiknta timbul suatu kesalahan, sistem akan langsung terdeteksi oleh Bio Farma.

Dengan sistem tersebut, tak hanya kualitas vaksin yang dijaga, namun juga jumlahnya yang terus ditingkatkan. Hal ini agar vaksin bisa menjangkau hingga seluruh pelosok daerah di Indonesia. (DIN)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: