Artikel

BNPB Luncurkan Mobil Masker, Pastikan Penerapan Prokes saat PON Papua

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua digelar dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat demi mencegah adanya lonjakan kasus Covid-19.

Selain sosialisasi BNPB juga melakukan langkah lain dalam rangka memastikan protokol kesehatan ini. Salah satunya adalah dengan meluncurkan Gerakan Mobil Masker yang disebar di empat wilayah pusat pertandingan yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Melansir laman resmi BNPB, Minggu (26/9), Gerakan Mobil Masker ini sudah dimulai sejak Sabtu, 25 September 2021 kemarin. Total ada 12.000 masker yang akan dibagikan hari ini. Penguatan protokol kesehatan di Kota Jayapura tersebut didukung oleh 123 relawan prokes PON XX Papua dari berbagai lembaga.

"Tujuannya adalah agar even besar seperti PON ini terselenggara dengan sukses dan aman dari Covid-19," kata Ketua Subsatgas Prokes Kota Jayapura, dr. Riswandi.

Penguatan protokol kesehatan ini juga dilakukan melalui kampanye dan edukasi protokol kesehatan secara langsung kepada para atlet, pendamping atlet atau official, dan masyarakat di sekitar venue pertandingan.

Kegiatan Mobil Masker dan kampanye protokol kesehatan menyasar wilayah yang berpotensi menimbulkan kerumunan di antaranya di Lapangan Mandala, Gelanggang Olahraga (GOR) Cendrawasih, Lapangan Universitas Cenderawasih, Jembatan Youtefa, GOR Politeknik Penerbangan, dan GOR Waringin.

Selain itu juga akan ada 6 gerai masker yang ditempatkan di pusat-pusat kegiatan selama PON XX berlangsung. Sebanyak 1.000 masker akan di sebar di gerai-gerai tersebut setiap harinya. (WIL)