Artikel

BPIP Siapkan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk ASN

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyusun peta jalan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penyusunan akan dibahas dalam diskusi Direktorat Standardisasi Materi dan Metode Aparatur Negara Kadeputian Pengkajian dan Materi BPIP.

Direktur Standardisasi Materi dan Metode Aparatur Negara (SMMAN) BPIP Aris Heru Utomo mengatakan, pihaknya bakal menerima seluruh masukan mengenai peta jalan ini.

“Tujuannya untuk mendapatkan masukan terkait proyek perubahan yang dilakukan BPIP melalui penyusunan peta jalan PIP bagi ASN atau pandu ASN,” kata Aris Heru Utomo seperti dikutip dari Detikcom, Senin (19/4).

Hasil diskusi tersebut nantinya menjadi bahan untuk memetakan pola, bentuk, dan sumber terbentuknya perilaku menyimpang ASN dari nilai-nilai Pancasila.

ASN, kata Aris, diharapkan bersikap agile dan adaptif menghadapi perubahan nasional dan global serta persaingan yang tidak lagi linear

“Termasuk godaan menggantikan Pancasila dengan ideologi lain,” tegasnya.

Menurut Aris, jumlah ASN yang cukup besar dan tersebar di berbagai birokrasi menjadikannya punya peran penting dalam penyelenggaraan negara.

Peran penting ASN ini terkait penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pelayanan publik di pusat dan daerah. Selain itu peran penting ASN sebagai guru dan dosen adalah untuk mencerdaskan generasi muda.

Sementara, Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo (Romo Benny) mengatakan, BPIP diberi kewenangan untuk menyusun peta jalan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia menegaskan, hal itu bukan berarti BPIP mengurusi ASN.

“BPIP tidak mengurusi ASN, BPIP hanya mempersiapkan untuk pembinaan ideologi pancasila. Panduan ini juga disusun bersama ASN, bukan BPIP yang menyusun sendiri,” kata Romo Benny.


0 komentar untuk “BPIP Siapkan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk ASN”
Berikan Komentar: