Artikel

Buka Muktamar NU, Presiden Singgung Kemunculan Metaverse

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo membuka Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Lapangan Pondok Pesantren Darussaadah, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Rabu (22/12).

Dalam sambutannya Presiden sempat menyinggung soal kemajuan teknologi. Secara khusus, Presiden memaparkan kemunculan era metaverse yang digagas pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Menurut Presiden, kemajuan teknologi adalah sebuah keniscayaan. Sehingga semua pihak termasuk Nahdlatul Ulama harus siap untuk menghadapi kemajuan teknologi tersebut.

"Kita ingin teknologi ini maslahat bagi umat, maslahat bagi masyarakat, maslahat bagi rakyat. Jangan sampai merusak, membuat hal negatif bagj rakyat kita," kata Presiden.

Terkait metaverse, Presiden mengaku dikenalkan langsung dengan teknologi itu saat bertemu Zuckerberg. Dalam dunia metaverse, seseorang bisa bermain tenis secara nyata hanya dengan menggunakan kacamata oculus.

Pertemuan itu, lanjut Presiden, terjadi pada lima tahun lalu. Saat itu Presiden diajak Zuckerberg menjajal kacamata oculus untuk bermain tenis meja. Meski tidak ada meja dan bola sungguhan, namun kacamata tersebut membuat Presiden merasakan seperti main tenis meja sungguhan.

"Dan dia (Zuckerberg) membisikkan kepada saya, Presiden Jokowi, ini baru awal. Nanti semuanya akan virtual, semuanya akan muncul yang namanya metaverse, restoran virtual, kantor virtual, wisata virtual, mal virtual, hati-hati menyikapi ini," tandas Presiden.

Lebih jauh, Presiden mengajak Nahdlatul Ulama untuk mengikuti perkembangan teknologi ini. Hal itu juga sejalan dengan tema Muktamar NU yaitu "Muktamar NU Berkhidmat untuk Peradaban Dunia".

"Peradaban itu harus kita pengaruhi agar maslahat bagi umat manusia di seluruh dunia. Nanti semuanya dakwah virtual, pengajian virtual, tapi betul-betul kayak kita bertemu seperti ini," imbuhnya. (wil)