Artikel

Bukan Kaleng-kaleng, Tes Pegawai KPK Libatkan BIN, BNPT, dan BAIS-TNI

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk para pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilakukan secara profesional.

Hal itu dibuktikan dengan keterlibatan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sesuai peraturan hukum yang berlaku. Tak hanya itu, BKN juga menggandeng sejumlah lembaga lain dalam pelaksanaan tes.

"Seperti BIN, Dinas Psikologi Angkatan Darat, BNPT, BAIS. Untuk materinya sendiri, saya tidak mendapatkan informasi tentang hal tersebut," ujar Plt Kepala Biro Humas,Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono, seperti dikutip dari Tempo, Kamis (6/5).

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 1.351 pegawai KPK mengikuti rangkaian asesmen tes TWK mulai dari 18 Maret hingga 9 April 2021.

KPK mengumumkan hasil asesmen sebagai berikut : Pegawai yang Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 1274 orang, Pegawai yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 75 orang, dan Pegawai yang Tidak Hadir Wawancara sebanyak 2 orang.

Tes tersebut dibagi menjadi dua tahap: tulis dan wawancara. Tes itu dilakukan sejalan dengan peralihan status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN). (ACD)