Artikel

Catat! Ini 5 Makanan untuk Kesehatan Ginjal yang Harus Dikonsumsi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting bagi manusia. Ginjal terdiri dari dua organ di kanan dan kiri, yang memiliki sekitar satu juta nefron untuk menyaring peredaran darah. Untuk itu, makanan untuk kesehatan ginjal sangat penting diperhatikan.

Fungsi Ginjal

Ginja merupakan bagian tubuh ekskresi. Maksudnya, ginjal berfungsi membuang sampah metabolisme, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit, dan membuat hormon untuk pengaturan tekanan darah dan pembentukan sel darah merah.

Melansir laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Senin (20/9), ginjal berbentuk mirip kacang dan terletak di belakang perut atau abdomen. Ginjal terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa.

Sejumlah peran dalam menjaga kesehatan tubuh dilakukan oleh ginjal seseorang, seperti menyaring darah, membuang limbah tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur darah dan tingkat garam dalam darah, mengatur sel darah merah, mengatur keseimbangan asam basa (pH) darah, menjaga konsentrasi mineral, hingga menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D.

Penyakit Ginjal

Karena berperan sebagai organ penting dalam tubuh, maka penyakit yang terjadi pada ginjal bisa berujung fatal pada manusia. Ketika ginjal mengalami gangguan atau sakit, maka fungsi-fungsi seperti yang disebutan di atas tidak dapat dilakukan dengan baik oleh ginjal.

Menurut Kementerian Kesehatan, penyakit ginjal sendiri diartikan sebagai kelainan yang mengenai organ ginjal yang timbul akibat beberapa faktor, seperti infeksi, tumor, kelainan bawaan, penyakit metabolik atau degeneratif. Penyakit ginjal kronis, biasanya timbul secara perlahan dan sifatnya menahun.

Makanan untuk Kesehatan Ginjal

Salah satu cara menjaga agar ginjal tetap sehat adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang bisa membantu untuk itu. Melansir Suara.com, ada lima makanan untuk kesehatan ginjal yang bisa dikonsumsi, yaitu:

1. Bayam

Sayruan satu ini dinilai sangat efektif menjaga kesehatan ginjal karena kaya akan vitamin A, C, K, zat besi, magnesium dan folat.

2. Nanas

Buah berwarna kuning ini sangat efektif dalam meningkatkan imunitas tubuh. Nanas juga memiliki serat tinggi yang bisa menjaga kesehatan ginjal manusia.

3. Capsicum

Capsicum adalah genus tumbuhan berbunga dari keluarga Solanaceae. Spesies tersebut berasal dari Amerika, dimana tumbuhan tersebut telah tumbuh disana sejak ribuan tahun.

Capsicum dinilai kaya antioksidan dan mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Karena kandungannya ini, capsicum dinilai efektif untuk menjaga kesehatan ginjal.

4. Kembang Kol

Selain kandungannya yang bermanfaat, kembang kol juga dinilai baik untuk kesehatan ginjal karena tidak mengandung natrium, kalium maupun fosfor.

5. Bawang Putih

Bawang putih baik untuk menjaga kesehatan ginjal karena kandungan natrium, kalium dan fosfornya rendah.

Demikian adalah lima makanan untuk menjaga kesehatan ginjal yang bisa dikonsumsi. Selain lima makanan itu, kesehatan ginjal juga bisa dilakukan dengan banyak minum air mineral setiap harinya. (WIL)


3 komentar untuk “Catat! Ini 5 Makanan untuk Kesehatan Ginjal yang Harus Dikonsumsi”

oleh Gea indri  1 bulan yang lalu

"Saya suka sekali sayur bayam nihh"

oleh Angelina clavdia  1 bulan yang lalu

"Mantap makasih min tipsnya"

oleh Gita sartika  1 bulan yang lalu

"Aduhh gk suka bawang putih untung ada pilihan lainnya"


Berikan Komentar: