Artikel

Catat! Ini 5 Pekerjaan Menjanjikan Selama Pandemi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pandemi Covid-19 yang melanda sejak Maret 2021 lalu membuat teknologi informasi kian berkembang. Hal itu turut membuka progres pekerjaan yang menjanjikan bagi masyarakat di masa pandemi karena umumnya bisa dikerjakan secara fleksibel dari mana saja asal ada koneksi internet.

Menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, setidaknya ada lima pekerjaan yang menjanjikan saat pandemi ini. Lima pekerjaan itu semuanya bergerak di bidang teknologi.

Berikut lima pekerjaan di masa pandemi menurut Nadiem, seperti dikutip dari laman Iteba, Seasa (21/9):

1. Researcher

Ada banyak hal yang perlu diteliti, seperti kandungan vaksin atau teknologi yang bisa membantu memutus mata rantai virus Corona. Oleh karena itu, menurut Nadiem Makarim, salah satu pekerjaan di tengah pandemi yang dibutuhkan perusahaan adalah seorang Researcher.

2. Data Analyst

Perkembangan teknologi tentu membuat kumpulan data menjadi perlu untuk diperhatikan. Data sangat dibutuhkan untuk mengukur perkembangan bisnis. Data Analyst bertanggung jawab untuk meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi data.

Hasil data yang telah diolah bisa menjadi instrumen bisnis di masa depan dan dapat membantu memajukan perusahaan.

3. Software Engineer

Software Engineer mempunyai tugas yang lebih luas dari sekadar menulis coding dalam program. Pekerjaan ini bertugas melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, dan memvalidasi rancangan perangkat lunak.

Posisi pekerjaan Software Engineer pastinya akan terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi.

Ada beberapa bahasa pemrograman yang setidaknya diketahui oleh seorang Software Engineer, yaitu Java, Phyton, dan Ruby. Untuk menjadi seorang Software Engineer, kamu bisa menempuh pendidikan di Jurusan Teknik Komputer atau Sistem Informasi.

4. UX Designer

User Experience (UX) adalah pekerjaan yang memang tak cukup sederhana. UX Designer bertanggung jawab atas kepuasan pengguna terhadap platform yang mereka kunjungi.

Seringkali pekerjaan ini membutuhkan riset-riset berdasarkan pengalaman pengguna. Pertumbuhan teknologi yang semakin pesat di dunia membuat UX Designer menjadi salah satu pekerjaan di tengah pandemi yang dibutuhkan perusahaan.

Untuk menjadi seorang UX Designer, kamu bisa berkuliah di Jurusan yang berkaitan dengan Ilmu Komputer dan Teknologi.

5. Product Manager

Product Manager harus merancang produk tertentu yang mempunyai daya tarik dan daya jual yang tinggi. Untuk itu, pekerjaan ini membutuhkan ide revolusioner yang tinggi. Product Manager bertanggung jawab membawahi seluruh tim agar strategi penciptaan produk dapat berjalan dengan lancar.

Demikian lima pekerjaan yang sangat dibutuhkan di masa pandemi menurut Mendikbudristek Nadiem Makarim. (WIL)