Artikel

Cegah Penularan Covid-19, Satgas Fasilitasi Mudik Virtual

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Mencegah penyebaran virus Covid-19 lebih meluas, Pemerintah mengeluarkan larangan mudik di Lebaran 2021. Menyusul hal tersebut, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo ajak masyarakat melakukan mudik secara jarak jauh dengan digital alias silaturahmi virtual.

“Salah satu solusi dalam mengatasi kerinduan terhadap keluarga untuk tidak mudik ini adalah melakukan berbagai upaya silaturahmi secara virtual,” kata Doni, dikutip dari laman Presidenri.go.id, Rabu (28/4).

Doni berharap posko daerah bisa membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan alat maupun kondisi lain yang menghambat silaturahmi melalui komunikasi virtual.

"Mohon berkenan posko-posko yang ada di tiap daerah bisa memberi kesempatan kepada yang mungkin belum memiliki fasilitas untuk berkomunikasi secara virtual untuk bisa difasilitasi,” tuturnya.

Imbauan Doni untuk mendorong masyarakat menangguhkan niat mudik pada Idul Fitri ini merupakan pembelajaran dari pengalaman tahun sebelumnya. Di beberapa momen libur panjang tahun lalu kerap diikuti dengan peningkatan kasus Covid-19.

Data Kementerian Perhubungan, dikutip dari laman Presidenri.go.id, sebelum peniadaan mudik diberlakukan sebanyak 33 persen masyarakat menyatakan niat untuk mudik. Setelah kebijakan mudik diberlakukan, jumlah tersebut turun ke angka 11 persen. Bahkan, turun lagi ke angka tujuh persen setelah Presiden Joko Widodo umumkan langsung kebijakan larangan mudik tersebut.

Selain silaturahmi virtual, Doni juga ajak pemerintah daerah dan elemen terkait pendukungnya untuk meningkatkan kewaspadaan dengan lebih mengarahkan kedisiplinan protokol kesehatan di masyarakat.

Dalam hal ini, aparat satuan tugas penanganan Covid-19 di daerah, utamanya dari unsur TNI, Polri, dan Satpol PP dapat hadir di titik-titik yang diperkirakan dapat menimbulkan kerumunan dan mengingatkan warga untuk patuh terhadap protokol kesehatan. (ACD)