Artikel

Cek Tol Pekanbaru-Bangkinang, Presiden: Bakal Naikkan Daya Saing Daerah

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengunjungi lokasi pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang yang berada di Kabupaten Kampar, Riau.

Jalan tol sepanjang 40 kilometer ini bakal menjadi bagian dari tol Trans-Sumatera yang akan membentang dari Aceh hingga Lampung sepanjang 3.049 kilometer.

"Ini berada di (jalan tol seksi) Pekanbaru-Bangkinang dan nantinya akan terhubung ke arah Padang. Kita harapkan perkembangan pembangunannya semakin hari semakin panjang," ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya, Rabu (19/5)

Hingga saat ini, proses pembebasan lahan yang diperlukan untuk pembangunan jalan tol seksi Pekanbaru-Bangkinang sudah mencapai 60,70 persen. Proses konstruksinya sudah mencapai 65,60 persen.

Targetnya, konstruksi jalan tol Pekanbaru-Bangkinang selesai pada Desember 2021. Nantinya, tol ini akan terhubung dengan jalan tol yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Dengan semakin terhubungnya banyak wilayah di Pulau Sumatera, Presiden Jokowi berharap akan muncul kecepatan mobilitas orang dan barang. Peningkatan kecepatan mobilitas orang dan barang diharapkan bakal menaikkan daya saing Indonesia dengan negara-negara lain.

"Produk-produk yang ada, baik di Provinsi Riau dan di Kota Padang, nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara lain," kata Presiden.

Menurut informasi yang diterima, proyek pembangunan ruas jalan tol tersebut menyerap hingga 11.984 tenaga kerja. Proyek tersebut juga menjalankan program padat karya tunai dengan anggaran yang direncanakan senilai Rp21,13 miliar untuk menyerap 5.788 tenaga kerja pada tahun 2021 ini. (ACD)