Artikel

Dapat Izin BPOM, Sekarang Anak Usia 6-11 Tahun Bisa Vaksin

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id – Ada kabar bagi untuk anak berusia 6-11 tahun. Sekarang mereka sudah bisa melakukan vaksinasi Covid-19 dengan jenis Sinovac.

Vaksin ini bisa dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Sinovac dan vaksin buatan Bio Farma untuk diberikan kepada anak usia 6-11 tahun.

Vaksin Sinovac tersebut adalah vaksin CoronaVac yang diproduksi oleh Sinovac Life Science Co., Ltd China dan vaksin Covid-19 yang diproduksi PT Bio Farma.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan vaksin Covid-19 bagi anak merupakan hal yang penting terlebih dengan sudah dimulainya Pembelajaran Tata Muka (PTM).

"Jadi kita tetap harus menggulirkan vaksin Covid-19 ini penting. Untuk usia 6-17 tahun sudah bisa dilakukan sementara usia di bawah 6 tahun masih terus kami usahakan karena usia ini butuh perlakuan khusus," katanya saat menggelar jumpa pers yang disiarkan secara virtual, Senin (1/11).

Penny menjelaskan penerbitan izin ini merujuk pada hasil penilaian keamanan dan kekebalan yang ditimbulkan terhadap Covid-19. Sementara dalam hal efikasi sama dengan efikasi uji klinis sebelumnya.

“Hasil uji klinis anak-anak ini tentunya lebih pada aspek keamanan dan aspek imunogenisitasnya. Imunogenisitasnya menunjukkan persentase yang cukup tinggi, 96 persen. Aspek keamanan menunjukkan bahwa vaksin ini aman untuk anak usia 6-11 tahun,” jelasnya.

Terkait dengan waktu pelaksanaan vaksin Covid-19 untuk anak berusia 6-11 tahun, Penny menyebut hal tersebut tergantung pada pihak Kementerian Kesehatan.

“Setelah BPOM memberikan regulator persetujuan untuk digunakan, mengenai kapan pelaksanaannya ada di Kementerian Kesehatan," sebutnya.

Selain Indonesia, beberapa negara lain juga tengah mengambil langkah untuk melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 6-11 tahun. Seperti Kamboja yang juga akan menggunakan vaksin Sinovac untuk anak berusia 5 tahun ke atas.

Selain itu, Amerika Serikat dan Malaysia juga akan memberikan vaksin Pfizer untuk anak usia 5-11 tahun agar ank-anak bisa terhindar dan menularkan virus Corona. (DIN)