Artikel

Dari Aceh, Presiden Minta Siap-siap Hidup Berdampingan dengan Covid

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan masyarakat untuk bersiap-siap memulai transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi. Hal itu bisa dilakukan dengan hidup berdampingan dengan Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden saat meninjau vaksinasi door-to-door kepada 1.500 warga di Desa Lambro Bileu, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (16/9).

“Kita memang harus memulai belajar hidup berdampingan dengan Covid-19, karena memang Covid ini tidak akan hilang secara total dari negara kita,” ucap Presiden mengutip siaran pers Biro Setpres, Kamis.

Hidup berdampingan dengan Covid-19 menjadi pilihan lantaran pandemi belum bisa diprediksi kapan berakhir. Pada praktiknya masyarakat diminta untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga akan terus dipercepat. Dengan laju kecepatan vaksinasi ini diharapkan herd immunity atau kekebalan komunal bisa segera terbentuk di masyarakat.

Dalam kesempatan itu Presiden juga mengapresiasi gelaran vaksinasi door-to-door yang dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut. Selain praktis, vaksinasi model ini juga bisa mempercepat capaian vaksinasi baik di Aceh maupun nasional.

"Vaksinasi door-to-door ini kita lakukan untuk lebih memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung karena dari pintu ke pintu. Karena vaksinasi ini merupakan salah satu kunci untuk menghambat penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam peninjauan kali ini adalah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah. (WIL)