Artikel

Datang Lagi, Indonesia Sudah Kantongi 14,7 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Indonesia kembali menerima kiriman vaksin Covid-19 merk AstraZeneca sebanyak 1.041.400 dosis. Dengan tambahan ini, total Indonesia sudah mendapatkan 14,7 juta dosis vaksin AstraZeneca.

Vaksin AstraZeneca sebanyak 1,04 juta dosis itu tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat (16/7). Pengiriman vaksin tahap ke-26 itu diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH.

Oscar menjelaskan, kedatangan 1,04 juta dosis ini merupakan bagian dari komitmen bilateral antara pemerintah Indonesia dengan pihak AstraZeneca. Nantinya, Indonesia akan mendapatkan total 50 juta dosis vaksin tersebut yang tiba sepanjang tahun 2021 ini.

Menurut Oscar, kedatangan vaksin ini akan mendukung program vaksinasi nasional dalam rangka menciptakan herd immunity atau kekebalan komunal sehingga pandemi Covid-19 dapat segera teratasi.

"Upaya ini terus dilakukan demi mengontrol angka penularan COVID-19 yang saat ini tengah meningkat di Indonesia sehingga mengharuskan pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat," ujar Oscar dalam siaran persnya, Jumat.

Sementara itu, Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia Sewhan Chon mengatakan, pengiriman pertama dari Perjanjian Bilateral antara AstraZeneca Indonesia dan pemerintah Indonesia hari ini merupakan momentum penting dalam misi melawan pandemi.

Dia menyebut, hampir 45 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca telah dikirimkan ke seluruh negara ASEAN hingga saat ini.

AstraZeneca, kata dia, akan terus mengadakan pasokan vaksin ke seluruh dunia secara merata dengan prinsip nirlaba selama masa pandemi, melalui COVAX dan pengiriman langsung melalui Perjanjian Bilateral dengan berbagai pemerintah.

Hingga kini, lebih dari 700 juta dosis vaksin AstraZeneca telah dipasok ke 170 negara di seluruh dunia. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Datang Lagi, Indonesia Sudah Kantongi 14,7 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca”
Berikan Komentar: