Artikel

Dengarkan Keluhan Nelayan, Presiden Janji Perbaiki Pelabuhan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo mengunjungi Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya Presiden menyempatkan bertemu dan berdialog langsung dengan para nelayan setempat untuk mengetahui kondisi para nelayan serta sektor perikanan di sana.

Selain itu, Presiden juga meninjau kapal-kapal milik nelayan yang tengah bersandar di sekitar area pelabuhan.

"Saya ingin melihat secara langsung keadaan dan situasi nelayan selama pandemi. Tadi disampaikan oleh Pak Agus (nelayan setempat) bahwa kondisi nelayan di sini tidak ada masalah dan bisa melaut seperti biasa, hasilnya juga normal," ujar Presiden dalam rilis pers yang diterima Kamis (6/5).

Saat dialog dengan para nelayan, Presiden Jokowi mendengar kebutuhan mereka yang akan ditindaklanjuti pemerintah pusat untuk mendukung aktivitas mereka.

Beberapa kebutuhan diantaranya pengerukan di sejumlah lokasi sekitar perairan di pelabuhan yang mengalami pendangkalan sehingga menghambat aktivitas nelayan setempat untuk berlayar.

Selain itu, perbaikan sejumlah fasilitas di pelabuhan juga menjadi hal yang dibutuhkan para nelayan.

"Tadi ada keluhan mengenai pendangkalan di pelabuhan di dua lokasi yang dimintakan untuk dikeruk. Nanti dua tiga bulan akan segera dilakukan pengerukan termasuk juga lampu haluan untuk ditinggikan dan diperbaiki. Saya harap beberapa perbaikan bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan karena akan mempermudah aktivitas berlabuh dan bongkar (hasil tangkap)," ujar Presiden.

Kabupaten Lamongan berpotensi besar dalam bidang perikanan. Pada tahun 2020, sektor perikanan budidaya setempat mampu menghasilkan sebesar 59.728,16 ton. Sementara dari sektor perikanan tangkap, pada tahun 2020 mencatatkan produksi sebesar 76.692,96 ton. (CHE)