Artikel

Dimulai Tahun Depan, 6, 4 Juta Dosis Vaksin Disiapkan untuk Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan memulai pemberian vaksin Covid-19 kepada anak-anak usia 6-11 tahun pada tahun 2022 mendatang. Vaksin yang digunakan adalah Vaksin Sinovac.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, pihaknya menyiapkan 6,4 juta vaksin untuk anak-anak ini.

"Saat ini disiapkan sekitar 6,4 juta dosis vaksin, sambil menunggu lagi awal Januari," kata Nadia mengutip Kompas.com, Minggu (12/12).

Jumlah tersebut masih akan bertambah. Nadia menjelaskan, pihaknya akan memulai vaksinasi anak ini di Jawa-Bali sebagai tahao awal. Sehingga, keperluan vaksin yang dibutuhkan pun akan bertambah seiring pemerataan vaksinasi anak 6-11 tahun.

Sebelumnya, vaksin Sinovac sendiri sudah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk diberikan kepada anak-anak usia 6-11 tahun. Izin tersebut dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan vaksin Covid-19 bagi anak merupakan hal yang penting terlebih dengan sudah dimulainya Pembelajaran Tata Muka (PTM).

Penny menjelaskan penerbitan izin ini merujuk pada hasil penilaian keamanan dan kekebalan yang ditimbulkan terhadap Covid-19. Sementara dalam hal efikasi sama dengan efikasi uji klinis sebelumnya.

“Hasil uji klinis anak-anak ini tentunya lebih pada aspek keamanan dan aspek imunogenisitasnya. Imunogenisitasnya menunjukkan persentase yang cukup tinggi, 96 persen. Aspek keamanan menunjukkan bahwa vaksin ini aman untuk anak usia 6-11 tahun,” jelasnya. (WIL)