Artikel

Dirgahayu Jakarta, Kota Metropolitan Dunia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Hari ini, Selasa, 22 Juni 2021, Kota Jakarta merayakan hari ulang tahun yang ke-494. Kota paling maju di Indonesia itu sudah hampir setengah abad mencatatkan sejarahnya.

Banyak sekali capaian Kota Jakarta dalam 494 tahun terakhir. Kini Jakarta bisa bersaing dengan kota metropolitan lain di dunia, baik secara infrastruktur, sarana transportasi maupun ikon kota.

Hari ulang tahun kota Jakarta ke-494 ini mengusung tema "Jakarta Bangkit". Tema tersebut sebagai ekspresi rasa optimisme warga Jakarta untuk bangkit dan menang melawan pandemi Covid-19.

Kota Jakarta yang dulunya berawal dari Benteng Batavia, kini berkembang menjadi salah satu kota metropolitan dunia. Berikut beberapa capaian pembangunan Kota Jakarta secara ringkas:

Bidang Infrastruktur. Jakarta terus berbenah dalam hal pembangunan fisik bangunan. Sejumlah sarana prasarana terus dilengkapi untuk memudahkan mobilitas warga.

Beberapa di antara infrastruktur Jakarta adalah Simpang Susun Semanggi, Jalan Layang Non Tol Casablanca dan Antasari, Jalur layang TransJakarta, U Turn Tapal Kuda Tanjung Barat dan Lenteng Agung, hingga jalan tol yang menghubungkan seluruh wilayah Jakarta.

Bidang Transportasi. Di bidang ini pun Jakarta terus berbenah. Mulai dari merapikan sarana transportasi yang sudah ada, hingga menambah sarana baru untuk memberikan opsi lebih banyak bagi warga Ibu Kota.

Di antara sarana transportasi yang bisa dibanggakan adalah TransJakarta. Sarana yang digagas 20-an tahun yang lalu ini merupakan sistem Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan.

Selain TransJakarta, adapula Kereta Rel Listrik (KRL). Sistem kereta ini menjadi primadona bagi warga Jakarta maupun kota-kota penyangganya. KRL telah menghubungkan seluruh wilayah Jabodetabek.

Ada juga sarana transportasi modern yaitu MRT Jakarta dan LRT Jakarta. Keduanya sudah bisa dinikmati warga Jakarta, namun juga terus ditambah untuk semakin luas jangkauannya.

494 tahun juga menghadirkan sejumlah bangunan yang menjadi Ikon atau Landmark Kota Jakarta. Di antaranya Monumen Nasional (Monas), Bundaran HI dan Patung Selamat Datang, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Simpang Susun Semanggi, Patung Dirgantara, Patung Arjuna Wiwaha (Patung Kuda), dan masih lagi yang lainnya.

Dirgahayu Kota Jakarta, semoga semakin maju! (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


5 komentar untuk “Dirgahayu Jakarta, Kota Metropolitan Dunia”

oleh Gilang bara  4 bulan yang lalu

"Kota terkeren versi gue, jakarta selamat ulang tahun yg ke-494"

oleh Sapto wono  4 bulan yang lalu

"Semoga menjadi kota yg memajukan negerinya amin"

oleh Hilmi fahrezi  4 bulan yang lalu

"Dirgahayu Jakartaa, happy birthdayy❤️"


Berikan Komentar: