Artikel

Ditutup Wapres, PON Papua yang Bersejarah Itu Berakhir

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX yang diselenggarakan di tanah Papua resmi berakhir pada hari ini, Jumat (15/10). Penutupan PON Papua yang bersejarah ini dilakukan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sebagaimana pembukaannya dua pekan lalu, penutupan PON XX Papua dilakukan di Stadion Lukas Enembe, Jayapura. Wapres mengatakan, PON kali ini menjadi yang tersulit diselenggarakan karena bersamaan dengan pandemi Covid-19. Meski sulit, Wapres menyebut PON tetap terselenggara dengan baik.

"Bagi saya ini merupakan PON tersulit. Tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu, bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa!" kata Wapres, Jumat (15/10).

Keberhasilan pelaksanaan PON ini membuktikan bahwa Papua siap dan mampu menyelenggarakan agenda besar nasional di kemudian hari. Wapres menyebutkan, agenda ke depan adalah membina talenta berbakat Papua dengan fasilitas yang sudah dibangun untuk PON ini.

Lebih jauh, keberhasilan PON ini juga menegaskan posisi Papua sebagai kekuatan elite olahraga nasional. Salah satu buktinya adalah peringkat Papua yang bertengger di posisi keempat dalam gelaran PON kali ini.

"Ini bukti bahwa bumi Papua tidak saja kaya, tapi penuh dengan talenta," tegas Wapres.

Dalam pidatonya itu, Wapres juga menegaskan kebanggaan dan kecintaannya kepada tanah dan warga Papua. Hal itu diungkapkan Wapres dengan menggunakan bahasa asli Papua.

"Papua Sa Cinta Ko. Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Pemda dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON ke-XX yang sukses," kata Wapres.

"Sejarah mencatat, PON pertama kalinya berlangsung di Bumi Cendrawasih dan berjalan sukses," imbuhnya.

Klasemen PON XX Papua

Provinsi Jawa Barat berhasil keluar sebagai juara umum dalam penyelenggaraan PON XX Papua 2021 ini. Jawa Barat membawa pulang total 353 medali, dengan rincian 133 emas, 105 perak dan 115 perunggu.

Keberhasilan ini membuat Jawa Barat menjadi provinsi yang berhasil menjadi juara umum dalam dua kali PON yaitu tahun 2016 dan 2021 ini.

Di posisi kedua ditempati oleh Provinsi DKI Jakarta dengan perolehan 301 medali. Rinciannya adalah 110 medali emas, 105 medali perak dan 116 medali perunggu.

Sedangkan di posisi ketiga ditempati Provinsi Jawa Timur dengan memperoleh 287 medali, yang terdiri dari 110 medali emas, 89 medali perak dan 88 medali perunggu. (WIL)


0 komentar untuk “Ditutup Wapres, PON Papua yang Bersejarah Itu Berakhir”
Berikan Komentar: