Artikel

dr Reisa: Kita Aman Covid-19 Kalau Semua Orang Aman

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Hibah kedua 3,85 juta vaksin AstraZeneca dari COVAX Facility sudah tiba di Indonesia pada Senin (26/4). Melalui COVAX Facility ini, Negara pendonor Covax ingin pastikan terbentuknya kekebalan global.

Juru Bicara Pemerintah, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan, pemerintah mengapresiasi langkah badan-badan dunia untuk memastikan kekebalan kelompok melalui vaksinasi.

“Kekebalan kelompok harus terbentuk secara global bukan secara lokal. Kita akan aman Covid-19, kalau semua orang aman," kata dr. Reisa dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Selasa (27/4).

Sampai hari Minggu (25/4), sudah lebih dari 18,5 juta dosis vaksin disuntikkan pada sekitar 11,7 juta orang yang terdiri dari tenaga kesehatan, petugas publik, dan masyarakat lanjut usia. Serta sudah lebih dari 6,8 juta diantaranya atau 16,9% sudah mendapatkan dosis kedua. Namun, dari 21 juta lansia, baru lebih dari 11% yang menerima vaksin.

"Kementerian Kesehatan meluncurkan dashboard agar bersama-sama masyarakat bisa memantau progres vaksin Covid-19 termasuk memastikan kita mencapai target vaksinasi puluhan juta lansia dan 17 juta pelayan publik hingga pertengahan tahun 2021," jelasnya.

Data sampai minggu lalu menunjukkan kasus aktif Covid-19 di Indonesia di bawah 100 ribu dan jumlah pasien sembuh lebih banyak dari yang terkontaminasi. Namun, dr Raisa mengingatkan masyarakat baik yang sudah vaksin maupun yang belum agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan.

"Mari kita syukuri semua pencapaian kita saat ini dengan makin ketat mematuhi protokol kesehatan dan 3M, memakai masker dengan benar, menjaga jarak, dan tidak berkerumun, dan mencuci tangan sesering mungkin," tambah dr. Reisa.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat mematuhi larangan pemerintah untuk tidak mudik Lebaran. Pandemi masih terjadi dan pemerintah tetap melarang mudik karena risiko penularan yang masih tinggi. (CHE)


5 komentar untuk “dr Reisa: Kita Aman Covid-19 Kalau Semua Orang Aman”

oleh kiara nasution  5 bulan yang lalu

"bagus bgt nih infonyaa, terimakasihh"

oleh yusuf maharizal  5 bulan yang lalu

"semoga kita semua tetap terjaga dari virus corona amin"

oleh gracella sihombing  5 bulan yang lalu

"vaksin dan tetap patuhi prokes yg berlaku"


Berikan Komentar: