Artikel

Empat Cara Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pandemi Covid-19 tidak hanya membuat sebagian orang khawatir terhadap kesehatan tubuhnya. Lebih dari itu, pikiran dan perasaan ternyata cukup mengganggu sebagian orang.

Banyak faktor yang memicu kesehatan jiwa seseorang jadi terganggu selama pandemi. Di antaranya kekhawatiran akan kehilangan orang-orang terkasih, kehilangan mata pencaharian utama, atau pun kehilangan orang-orang yang disayangi karena tidak kuat bertahan melawan virus corona.

Belum lagi, mereka yang terinfeksi virus corona dan harus menjalani isolasi mandiri hingga benar-benar sembuh. Tentu masalah kesehatan mental tidak dapat dihindari. Namun, rasa cemas dan stres berlebih ini bisa dikelola dan ditangani lewat beberapa tips berikut ini.

  • Jaga interaksi sosial

Bagi mereka yang terbiasa beraktivitas di luar rumah, isolasi/karantina tentu terasa berat dan bisa membuat stres. Rasa kesepian ini berpotensi menimbulkan pikiran negatif yang bisa mengganggu kesehatan mental.

Menjalin hubungan dengan orang-orang terdekat atau keluarga akan meringankan beban pikiran. Diskusikan dan ceritakan apa yang sedang dihadapi. Mungkin mereka bisa memberikan solusi yang ingin Anda dengar.

  • Batasi penggunaan media sosial

Mengikuti perkembangan terkini lewat media sosial terkadang bisa mengganggu psikis. Terlebih bila terpapar berita negatif atau mendapatkan informasi yang salah, bisa berdampak negatif bagi kesehatan mental. Batasi penggunaan teknologi atau mungkin sebaiknya beristirahat sejenak dari media sosial dan beralih ke aktivitas lain yang membuat diri merasa nyaman dan bahagia.

  • Menyibukkan diri

Lakukan aktivitas yang Anda sukai seperti berkebun, nonton, baca buku, memasak atau membuat kerajinan. Ini akan membuat pikiran jadi lebih rileks dan menghindarkan dari berbagai pikiran negatif.

  • Jaga kesehatan tubuh

Selain menjaga kesehatan mental, penting juga menjaga kesehatan tubuh. Kedua hal ini sangat penting dan erat kaitannya. Konsumsi makanan bergizi agar imun tubuh terjaga. Jika tubuh sehat, maka akan turut meningkatkan kesehatan mental. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


3 komentar untuk “Empat Cara Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi”

oleh Liliana safira  3 bulan yang lalu

"Yuk terapkan, info yg bermanfaat ini"

oleh Fairuz haikal  3 bulan yang lalu

"Saya akan terapkan agar membantu kesehatan mental saya"

oleh Julian robert  3 bulan yang lalu

"Tips yg akan sangat bermanfaat bagi mereka yg sedang tertimpa musibah virus corona"


Berikan Komentar: