Artikel

Fondasi Baru ASN: Berakhlak dan Bangga Melayani Bangsa

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Aparatur Sipil Negera (ASN) kini memiliki fondasi baru terkait nilai-nilai dasar yang mereka anut. Hal ini setelah Presiden Joko Widodo meluncurkan fondasi baru berupa core value dan employer branding ASN secara virtual, Selasa (27/7).

“Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, saya luncurkan core values ASN 'Berakhlak' dan employer branding ASN 'Bangga Melayani Bangsa'," kata Presiden mengutip siaran persnya, Selasa.

Presiden mengatakan, setiap ASN harus memegang teguh satu nilai dasar dan semboyan yang sama. Meski ASN sudah memiliki semboyan sendiri dari masing-masing daerah, Presiden memandang perlu adanya kesamaan nilai dasar antara pegawai yang di pusat maupun di daerah.

“ASN yang berprofesi sebagai dosen, guru, jaksa, dokter, perawat, analis kebijakan, sebagai administrator, juga petugas Satpol PP seharusnya mempunyai nilai dasar yang sama. Bahkan pegawai BUMN dan pegawai-pegawai yang lain juga sebaiknya mempunyai proposisi nilai rujukan yang sama,” lanjutnya.

Dengan adanya fondasi baru tersebut, Presiden meminta para ASN memiliki orientasi serupa dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Terlebih saat ini SN telah dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan negara untuk dapat melaksanakan hal tersebut.

Selain soal semboyan, Presiden juga menekankan agar para ASN meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta kemampuan beradaptasi terhadap perubahan di tengah era disrupsi teknologi.

“Sebab banyak sekali masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh satu dinas, oleh satu daerah, oleh satu kementerian atau lembaga, maupun oleh satu keahlian, dan satu disiplin ilmu. Kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting. Semua masalah selalu lintas sektor dan lintas disiplin,” jelas Kepala Negara.

Nilai-nilai ASN "Berakhlak" merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Bersamaan dengan itu, para ASN di Indonesia juga memiliki employer branding #BanggaMelayaniBangsa. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


3 komentar untuk “Fondasi Baru ASN: Berakhlak dan Bangga Melayani Bangsa”

oleh Tika ratnadesi  4 bulan yang lalu

"Terus meningkat dan semangatt para ASN"

oleh Dilla kemala  4 bulan yang lalu

"Mantap semoga dengan fondasi yg baru ini bisa semakin maju"

oleh Gita kinanti  4 bulan yang lalu

"Semoga bisa diwujudkan"


Berikan Komentar: