Artikel

Gerak Cepat, Pemerintah Jamin Beras Bantuan Berkualitas Terbaik

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah bergerak cepat dalam merespons kendala beras bantuan sosial (bansos) PPKM. Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy langsung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) untuk memastikan stok beras bansos dengan kualitas buruk segera ditarik dan telah diganti dengan yang baru.

Dalam sidak, mantan Rektor Muhammadiyah Malang tersebut menekankan agar tidak boleh ada bantuan beras berkualitas rendah yang diberikan pada masyarakat. Hal ini lantaran pemerintah pusat sudah menetapkan bantuan beras berkualitas medium plus yang dibagikan pada masyarakat.

“Bantuan beras yang kita tetapkan itu beras medium dan medium plus bukan medium minus, maka jangan sampai ada pihak yang menurunkan standar yang ditetapkan pemerintah,” kata Menko PMK dikutip dari Suara Banten, Minggu (8/8).

Menurut laporan, beras menggumpal yang diterima warga Pandeglang karena terkena hujan. Setelah adanya laporan tersebut segera ditarik dan diganti dengan yang baru.

"Jadi sebetulnya sudah tidak ada masalah. Sudah diganti dari para keluarga penerima manfaatnya. Dan beras itu sudah ditarik. Bahkan yang ditarik bukan hanya beras yang bermasalah tapi seluruhnya ditarik dan dicek semuanya. Dan itu saya kira ini langkah yang cepat dan bagus," jelasnya.

Menko PMK juga meminta agar beras yang digunakan untuk bantuan sosial menggunakan hasil produksi petani lokal. Namun, dia mengingatkan agar petani lokal tidak mengambil keuntungan yang berlebih.

"Sekarang ini alhamdulillah kan harga gabah, harga beras sudah mulai naik. Saya mohon para petani dan tengkulak menahan diri untuk tidak mengambil untung banyak-banyak. Semuanya harus merasa prihatin," imbuhnya. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: