Artikel

GoTo, Gabungan Gojek-Tokopedia Masuk Jajaran Startup Dunia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Tokopedia hari ini mengumumkan penggabungan kedua entitas tersebut menjadi Grup GoTo.

Penggabungan ini menaruh GoTo, startup Indonesia, dalam daftar 20 besar unicorn dengan potensi valuasi terbesar di dunia.

Hal itu sebagaimana data yang dikemukakan oleh Statista.com. Disebutkan, GoTo akan masuk 20 besar startup dunia yang sebagian besar terdiri dari perusahaan asal China dan Amerika Serikat.

Melansir Katadata.id, Senin (17/5), GoTo mempunyai potensi untuk meraih valuasi sekitar US$40 miliar atau Rp571 triliun. Sementara Statista.com memperkirakan potensi valuasi GoTo mencapai US$17 miliar atau Rp242 triliun.

Sebagai informasi, hari ini GoTo diperkenalkan melalui video yang ditayangkan di kanal YouTube akun Gojek Indonesia. Video perkenalan berjudul GoTo: Go Far, Go Together itu menampilkan berbagai layanan yang dimiliki Gojek dan Tokopedia.

Penjelasan di kolom deskripsi mengatakan, GoTo adalah ekosistem yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Ekosistem ini mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi bangsa.

"Dengan adanya GoTo, kini #PastiAdaJalan untuk #SelaluBisa belanja dengan banyak pilihan, cepat & mudah. Lewat Gojek dan Tokopedia," demikian tertulis di deskripsi di video.

Dinukil dari Bisnis.com, Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group. Sebelumnya, ia menjabat sebagai CEO Gojek.

Menurut Andre, selain dibentuknya Grup GoTo, hari ini juga menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

"Hadirnya Grup GoTo juga akan memungkinkan kami untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara," kata Andre.

Andre menambahkan, mitra pengemudi Gojek akan memiliki peluang pendapatan lebih besar, antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia.

Sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya. (ACD)