Artikel

Hampir 60 Persen Warga Puas dengan Kinerja Pemerintah Atasi Pandemi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Penanganan pandemi Covid-19 yang mulai menunjukkan perbaikan memicu kepuasan publik. Berdasarkan survei Spektrum Politika Institut (SPI), sebanyak 57,8 persen publik merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani pandemi.

Direktur Data dan Riset SPI, Andri Rusta mengatakan, kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah secara umum juga lebih tinggi, yaitu mencapai angka 65,3 persen.

"Kondisi yang terjadi di sekitar masyarakat hari ini sangat mempengaruhi penilaian terhadap kinerja pemerintah," kata Andri mengutip CNN Indonesia, Jumat (20/8).

Tingkat kepuasan ini masih moderat karena rata-rata penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintah masih cukup tinggi. Namun, Andri menyebut pemerintah masih harus meningkatkan kinerjanya ke depan.

Pasalnya, imbuh Andri, masih ada kinerja pemerintah yang mendapat kepuasan publik rendah. Di antaranya pada sektor politik, hukum dan keamanan yang mendapat 54,3 persen, dan ekonomi di angka 53,3 persen.

Beberapa bidang yang memiliki tingkat kepuasan terbilang tinggi di antaranya bidang sosial 68 persen, dan bidang pendidikan mencapai 60 persen.

"Kinerja pemerintah di bidang infrastruktur yang menjadi program utama pemerintah saat ini justru menunjukan angka kepuasaan masyarakat yang tertinggi, mencapai 72,7 persen," ujarnya.

Survei SPI berlangsung 5-17 Juli 2021 dengan melibatkan 1.240 responden yang diwawancarai secara langsung. Margin of error survei sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Hampir 60 Persen Warga Puas dengan Kinerja Pemerintah Atasi Pandemi”
Berikan Komentar: