Artikel

Hari Bhayangkara, Polri Diminta Humanis dan Ramah Layani Masyarakat

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kepolisian Negara Republik Indonesia memperingati Hari Bhayangkara yang ke-75 tahun pada hari ini, Kamis, 1 Juli 2021. Peringatan tersebut dilakukan dengan pemberian amanat yang disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Dalam amanatnya, Presiden menyampaikan selamat kepada Polri berkaitan dengan Hari Bhayangkara ke-75 ini. Presiden juga mengapresiasi kerja keras Polri selama ini, terutama di masa sulit pandemi Covid-19 yang sudah lebih satu tahun melanda Indonesia.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara Ke-75 dan juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras jajaran Polri dalam menangani pandemi Covid-19 sekarang ini,” ujar Presiden.

Presiden mengingatkan, Indonesia sebagai negara Pancasila dan demokrasi sangat menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia (HAM). Sehingga, kata Presiden, Polri dituntut untuk tampil tegas namun juga tetap mengedepankan sisi humanis dalam mengayomi masyarakat.

“Polri juga harus berwajah ramah dan selalu bersifat melayani masyarakat luas. Polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, dan harus menjunjung tinggi norma-norma martabat masyarakat,” lanjut Presiden.

Tak hanya itu, Presiden juga meminta Polri untuk melakukan pembenahan internal secara lebih komprehensif baik dari segi perencanaan, pengelolaan, penganggaran, hingga monitoring dan evaluasi. Untuk melakukan itu, Polri bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.

"Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia, teruslah bertransformasi menuju Polri yang presisi menjadi abdi utama nusa dan bangsa," pungkas Presiden.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut: