Artikel

Hati-hati, Begini Cara Bedakan Masker Medis Asli dan Palsu

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Masker menjadi satu dari lima unsur protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Namun masyarakat perlu waspada mengingat banyaknya masker medis yang palsu. Berikut cara membedakan masker medis asli dan palsu.

1. Cek Izin Edar

Masker medis umumnya diproduksi oleh perusahaan yang terpercaya. Proses produksinya pun harus berizin untuk memastikan kualitas dan keaslian maskernya. Hal ini wajar mengingat masker medis umumnya digunakan oleh tenaga medis dan profesi sejenis yang memerlukan perlindungan dari masker.

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 RS UNS Surakarta, dr. Tonang Dwi Ardyanto, salah satu cara membedakan masker medis asli dengan yang palsu adalah memeriksa izin edar dari masker yang dibeli itu.

Adapun izin edar masker bisa dilacak melalui laman yang disediakan Kementerian Kesehatan yaitu https://infoalkes.kemkes.go.id.

Website tersebut dirancang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait informasi seputar alat kesehatan atau alkes, dan masker menjadi salah satunya.

2. Tekstur Masker

Selain memeriksa izin edar, memastikan keaslian masker juga bisa dilakukan dengan mengecek tekstur masker itu sendiri. Hal ini dikemukakan oleh dokter spesialis paru RS Harapan Bunda, dr. Eva Sri Diana.

"Teksturnya bisa dilihat, aslinya lebih halus, jahitannya rapi," kata Eva mengutip Kompas.com, Minggu (17/9).

Sementara masker palsu, kata Eva, cenderung berbeda secara tekstur. Selain itu, kotak kemasannya juga cengerung lebih buram, dan tali masker lebih mudah putus.

Memastikan keaslian masker juga bisa dilakukan dengan membelinya dari toko yang terpercaya. Membeli masker di apotek jauh lebih meyakinkan daripada membelinya di pinggiran jalan.

Memang, masker yang asli biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal, sedangkan masker yang palsu jauh lebih murah. Namun, masker asli memberikan manfaat yang jauh lebih banyak daripada yang palsu. (WIL)


5 komentar untuk “Hati-hati, Begini Cara Bedakan Masker Medis Asli dan Palsu”

oleh Gita malakita  1 bulan yang lalu

"Wah ternyata ada web buat ngeceknya jga ya"

oleh Kinanti alifah  1 bulan yang lalu

"Pake maskernya yuk yg aslii"

oleh Angelica clavdia  1 bulan yang lalu

"Nah ini berita yg bermanfaat dan pas disaat pandemi seperti ini"


Berikan Komentar: