Artikel

Hore, Empat Bansos PPKM Darurat Ini Bakal Segera Cair

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah akan segera mencairkan bantuan sosial (bansos) selama PPKM Darurat. Bansos ini diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna meminta pembayaran bansos dipercepat.

“Ini tadi instruksi bapak Presiden agar untuk dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini. Terutama untuk tadi PKH untuk dimajukan triwulan ketiga ini bisa dibayarkan di bulan Juli sehingga bisa membantu masyarakat,” kata Menkeu dikutip dari Detik.com, Minggu (11/7).

Berikut empat bansos yang akan cair adalah:

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Pemerintah menargetkan penyaluran PKH untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dengan adanya percepatan penyaluran, maka realisasi PKH di kuartal II-2021 menjadi Rp13,96 triliun yang diberikan pada 9,9 juta KPM.

2. Kartu Sembako

Presiden Jokowi menginstruksikan penyaluran kartu Sembako dipercepat menjadi awal Juli. Target penerima sebesar 18,8 juta KPM dengan alokasi anggaran Rp40,19 triliun.

3. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa

Alokasi anggaran BLT Desa sebesar Rp28,8 triliun dengan target bisa tersalurkan pada 8 juta KPM. Hingga Juni 2021 realisasinya sebesar Rp4,99 triliun kepada 5 juta KPM.

BLT Desa yang diberikan kepada peserta senilai Rp300 ribu per KPM per bulan. Pendataan calon penerimanya dilakukan oleh Kepala Desa atau Tim Relawan Desa dengan mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kemensos.

4. Bansos Tunai (BST)

Bansos tunai diperpanjang hingga bulan Agustus 2021 dengan target 10 juta KPM. Besaran nilai yang diberikan Rp300 ribu per KPM per bulan. Setiap penerima akan langsung mendapatkan jatah 2 bulan yaitu Rp600 ribu. Untuk mengecek penerima bansos tunai bisa melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id/. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: