Artikel

Hore, Lebaran Ada Harbolnas dari Pemerintah

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah akan menggelar Program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Ramadan. Dalam program ini, biaya pengiriman atau ongkir akan ditanggung pemerintah alias gratis.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan pemerintah akan mengadakan harbolnas Ramadhan selama 5 hari menjelang hari raya Idulfitri (H-10 sampai H-6). Biaya pengiriman barang akan ditanggung pemerintah.

“Harbolnas merupakan inisiasi pemerintah untuk mendorong konsumsi atau belanja masyarakat. Harbolnas Ramadhan akan dilaksanakan lima hari mulai H-10 sampai H-6 Hari Raya Idul Fitri 2021. Ongkos kirim ditanggung oleh pemerintah,” kata Menko Airlangga dikutip dari lamat Sekretariat Kabinet, Selasa(4/5).

Melansir laman Kontan, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp 500 miliar untuk subsidi gratis ongkos kirim (ongkir) bagi pembelian produk pada saat belanja online H-10 dan H-5 Lebaran.

Subsidi ongkir dan harbolnas ramadhan ini untuk merupakan titik tengah untuk penyelesaian dalam mendorong aktivitas belanja, tapi juga untuk menekan laju Covid-19.

“Saya kemarin bilang ke Sandiaga Uno, ada program Bangga Buatan Indonesia dan hari belanja online juga. Kami ingin dorong aktivitas masyarakat tapi tidak ingin Covid-19 meningkat, jadi ini titik tengahnya,” kata Sri Mulyani.

Pemerintah berharap adanya pemberian subsidi ini bisa meningkatkan produk penjualan UMKM tanah air sehingga bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional. Selain itu juga bisa menekan laju penyebaran Covid-19 karena aktivitas belanja dilakukan secara daring. (CHE)