Artikel

Hore! Subsidi Kuota Internet Belajar Diperpanjang hingga Akhir Tahun

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah akan memperpanjang program bantuan kuota internet gratis bagi pelajar dan pengajar untuk kegiatan belajar mengajar hingga bulan Desember 2021. Hal ini disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

"Bantuan kuota internet Agustus ini saat anak-anak mulai belajar lagi tapi karena covid mereka harus online sehingga kita subsidi internet bagi seluruh murid siswa mahasiswa tenaga pendidik," kata Menkeu dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (22/7).

Menkeu menjelaskan pencairan bantuan kuota internet gratis ini akan berada di bawah tanggung jawab Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Nantinya bantuan ini akan disalurkan bagi pelajar dan pengajar, baik itu siswa, mahasiswa, guru, maupun dosen.

Sebelumnya, bantuan kuota internet gratis ini telah dibagikan pada semester I tahun 2021 sebesar 7 hingga 15 Gb kepada setiap penerima selama tiga bulan (Maret-Mei 2021). Penerima bantuan adalah mereka yang nomor Handphonenya telah terdaftar di Dapodik dan PD Dikti Kemendikbudristek.

Bagi mereka yang sebelumnya belum mendapatkan bantuan atau mengganti nomor handphone bisa mengikuti panduan mendaftar berikut ini:

1. Calon penerima harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum masa penyaluran untuk mendapatkan bantuan kuota.

2. Pimpinan atau operator satuan pendidikan harus mengunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor baru pada https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau https://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).

Adapun rincian bantuan kuota internet gratis sebagai berikut:

  • Peserta Didik jenjang PAUD akan mendapatkan Kuota Umum 7 GB per bulan.

  • Peserta Didik Jenjang SD sampai SMA akan mendapatkan Kuota Umum 10 GB per bulan.

  • Pendidik Jenjang PAUD sampai SMA akan mendapatkan Kuota Umum 12 GB per bulan.

  • Dosen dan Mahasiswa Akan mendapatkan Kuota Umum 15 GB per bulan.

Sementara itu, cara mengecek bantuan kuota internet gratis yakni:

  • Telkomsel: melalui SMS dari Telkomsel atau dengan hubungi *888# dan aplikasi MyTelkomsel.

  • Indosat: melalui aplikasi myIM3 atau dengan hubungi nomor USSD *123*075# lalu pilih nomor satu.

  • Tri: dengan hubungi nomor USSD *123*10*3# atau lewat aplikasi Bima+

  • XL dan Axis : melalui nomor *123# lalu pilih info atau lewat aplikasi aplikasi myXL dan AxisNet.

Menteri Sri Mulyani menegaskan bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbudristek ini bertujuan untuk menunjang kelancaran proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Karena itu, kuota internet gratis itu tidak bisa digunakan untuk mengakses media sosial. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: