Artikel

Indonesia Juara 2 Vaksinasi Covid-19 Tercepat di ASEAN

 
 | Arusbaik

Negara-negara di seluruh dunia sedang berlomba melakukan vaksinasi terhadap warga guna mengatasi pandemi Covid-19. Indonesia, meski berpenduduk terpadat di Asia Tenggara, mencuri perhatian dengan berada di posisi runner up.

Perlombaan vaksinasi tidak terelakkan karena vaksinasi menjadi kunci untuk memutus mata rantai pandemi, yang pada gilirannya akan kembali mempercepat laju perekonomian negara masing-masing. Sebab, nantinya tak akan ada lagi pembatasan sosial.

Di tengah kompetisi demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis vaksinasi di Indonesia bisa selesai dalam 1 tahun. Dia memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mempercepat proses vaksinasi tersebut.

"Saya juga telah perintahkan proses vaksinasi kurang lebih kepada 181,5 juta rakyat Indonesia bisa diselesaikan sebelum akhir tahun 2021 ini," tuturnya beberapa waktu lalu dalam pernyataan resmi yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Sebagai perbandingan, Singapura saat ini telah menyuntikkan vaksin tahap dua ke 215.000 warganya, atau setara dengan 3,7% populasinya. Ini menempatkan Negara Kota tersebut di posisi puncak negara dengan laju vaksinasi terpesat di Kawasan.

Namun, kinerja vaksinasi Indonesia patut diacungi jempol karena sejauh ini memang hanya kalah jika dibandingkan dengan Singapura. Padahal, Indonesia merupakan negara dengan populasi terpadat di Asia Tenggara. Menurut catatan Our World in Data, posisi Indonesia lebih baik dari lima negara anggota ASEAN dalam hal jumlah suntikan per 100 penduduk.

 sumber: cnnindonesia.com