Artikel

Indonesia Kirim Bantuan Ratusan Ribu Dolar untuk Palestina

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Direktur Jenderal (Dirjen) Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Febrian Alphyanto Ruddyard mengatakan, Indonesia akan memberikan bantuan kemanusiaan ke Palestina senilai US$500 ribu.

"Kita juga akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina sebesar US$500 ribu melalui Palang Merah Internasional," jelas Febrian dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I dengan Kemenlu, Selasa (18/5).

Dalam pemaparannya, Febrian juga menyampaikan bantuan-bantuan kemanusiaan yang rutin dikirimkan Indonesia untuk Palestina setiap tahunnya. Secara total, selama dua tahun terakhir ini, bantuan yang telah diserahkan berjumlah US$2 juta.

"Dalam hal bantuan kepada Palestina, pemerintah Indonesia terus memberikan bantuan kepada pemerintah Palestina, termasuk kepada pengungsi Palestina. Bantuan tersebut disalurkan melalui program bantuan baik pembangunan untuk pembangunan kapasitas maupun untuk pembangunan perekonomian Palestina," kata Febrian.

Febrian mengungkapkan, pada 2019 pemerintah Indonesia telah memberikan bantuan US$1 juta kepada pengungsi Palestina di Jerash Camp melalui United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA).

Selain itu, juga diberikan bantuan pelatihan peningkatan kapasitas di bidang makro ekonomi.

Kemudian pada tahun 2020, Pemerintah Indonesia memberikan bantuan US$1 juta untuk mendukung penanganan Covid-19 di Palestina.

"Pada tahun 2020, Indonesia kembali memberikan bantuan kepada UNRWA sebesar US$1 juta yang disalurkan melalui dukungan operasional penanganan Covid-19 dan dukungan kemanusiaan," ujarnya.

Selain bantuan kemanusiaan, Indonesia juga pernah membantu memberikan pelatihan kepada Pemerintah Palestina pada tahun 2019.

"Pelatihan pada bidang makro dan entrepreneurship (kewirausahaan)," jelas Febrian.

(ACD)