Artikel

Indonesia Maksimal Bantu Perjuangan Rakyat Palestina

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan Indonesia akan terus berupaya mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Menlu menyatakan posisi Indonesia saat ini bersama rakyat Palestina dan Indonesia juga menyerukan penghentian kekerasan terhadap rakyat Palestina.

“Indonesia terus mendesak agar Dewan Keamanan PBB segera mengambil langkah nyata menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina," kata Retno lewat konferensi pers daring, Rabu (12/5).

Retno mengatakan sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan pernyataan tegas mengenai tindakan Israel mengusir warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur yang disertai dengan penyerangan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsha. Jokowi menegaskan tindakan tersebut tak bisa dibiarkan.

"Bapak Presiden menyampaikan bahwa Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan oleh Israel. Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina," ujar Menlu.

Retno mengatakan hingga saat ini Indonesia terus memantau setiap perkembangan baru yang terjadi di Palestina. Indonesia mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan, khususnya yang terjadi di Jalur Gaza.

“Indonesia juga mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya di Jalur Gaza yang menyebabkan puluhan korban jiwa warga sipil yang tidak berdosa,” jelas Retno.

Menurutnya, Indonesia terus berupaya di semua lini untuk memperjuangkan hak-hak Palestina termasuk lewat PBB.

“Indonesia berupaya sekuat tenaga dan mengerahkan upaya di segenap lini, termasuk di Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People (CEIRPP). Komite tersebut berada di Majelis Umum PBB yang dibentuk tahun 1975 di mana Indonesia menjadi salah satu negara anggota biro dan memangku jabatan sebagai wakil ketua dalam komite tersebut,” tambahnya.

Selain itu dijelaskan Menlu, Indonesia juga mengusulkan agar OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) dan GNB (Gerakan Non-Blok) dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah ini. Indonesia juga terus mendesak agar Dewan Keamanan PBB dapat mengambil langkah nyata menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina.

Sebelumnya diberitakan, militer Israel terus membombardir Jalur Gaza. Otoritas kesehatan menyebutkan setidaknya 35 warga Palestina, termasuk 10 anak, tewas akibat serangan udara Israel di Jalur Gaza yang diluncurkan sejak Senin malam.

Israel menduduki Kompleks Masjid Al-Aqsa setelah melakukan aksi kekerasan terhadap warga sipil Palestina di wilayah tersebut. Polisi Israel menyerbu kompleks tersebut selama tiga hari berturut-turut sejak Senin(10/5). Mereka menembakkan peluru baja berlapis karet granat kejut, dan gas air mata ke jemaah Palestina yang berada di dalam masjid pada hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan.

Lebih dari 700 warga Palestina terluka di Yerusalem dan di seluruh Tepi Barat yang diduduki dalam beberapa hari terakhir. (CHE)


0 komentar untuk “Indonesia Maksimal Bantu Perjuangan Rakyat Palestina”
Berikan Komentar: