Artikel

Jadi Panglima TNI, Jenderal Andika: Ini Kehormatan bagi Saya dan Keluarga

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Jenderal Andika Perkasa resmi menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan Jenderal Andika Perkasa dilakukan di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (17/11) siang tadi.

Usai pelantikan, Jenderal Andika Perkasa mengatakan jabatan yang diembannya ini merupakan amanah dan kehormatan bagi dirinya dan keluarga.

"Satu kehormatan besar bagi saya dan keluarga atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia dan juga dukungan dari DPR RI sehingga akhirnya saya bisa dilantik," katanya dalam keterangan pers yang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Jenderal Andika Perkasa turut menyinggung perihal program kerja yang akan dilakukannya selama menjadi Panglima TNI. Menurutnya, ia akan melanjutkan program kerja yang sudah ada, yaitu yang tertuang dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

"Jadi saya akan terus tetapi memang detailnya saja dari tiap-tiap tugas itu yang perlu mungkin sedikit evaluasi dan perbaikan sana-sini," tandasnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo.

Kemudian Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, dan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jenderal Andika Perkasa merupakan calon tunggal yang diajukan Presiden Jokowi untuk menduduki jabatan sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Usulan tersebut kemudian diteruskan dengan uji kelayakan oleh Komisi I DPR RI. Dinyatakan lolos uji kelayakan, Jenderal Andika kemudian mendapat persetujuan dari DPR RI melalui Rapat Paripurna pada Senin, 8 November 2021. (WIL)