Artikel

Jangan Lengah, Sudah Vaksin Belum Tentu Kebal Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan meski telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi yang diberikan saat ini, menurutnya, hanya untuk memperkuat sistem imun tubuh, tapi masih tetap bisa tertular ataupun menularkan virus Corona penyebab Covid-19.

"Vaksinasi tidak membuat Anda kebal, hanya memperkuat sistem imun sehingga bila terkena virusnya kita tidak perlu dirawat di rumah sakit. Kalaupun ke rumah sakit, kita cepat sembuhnya sehingga tidak fatal. Meski sudah vaksin ada risiko tertular atau menularkan ke orang lain bila abai protokol kesehatan," jelas Menkes seperti dikutip dari laman Setkab, Selasa (27/4).

Lebih jauh, Menkes Budi juga menyinggung tsunami Covid-19 di India. Menurutnya, lonjakan kasus itu disebabkan oleh kelengahan dan ketidakwaspadaan dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Di India itu sempat turun drastis, kasus per harinya hanya 5ribu kasus.Yang terakhir kemarin seperti kita ketahui melonjak drastis jadi 349 ribu per hari dari 5 ribu per hari," ujarnya.

Menurut Menkes Budi, ada dua hal utama yang menyebabkan peningkatan luar biasa kasus positif Covid-19 di India. Pertama adanya mutasi baru virus Corona yang baru masuk B117 dan mutasi lokal virus Corona B1617. Penyebab kedua adalah ketidakkonsistenan warga India dalam menerapkan protokol kesehatan.

Belajar dari pengalaman India, Menkes meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dan risiko penularan Covid-19 terlebih pada mutasi baru virus Corona. (CHE)


5 komentar untuk “Jangan Lengah, Sudah Vaksin Belum Tentu Kebal Covid-19”

oleh gerald thomas  7 bulan yang lalu

"semoga virus corona di Indonesia tidak melonjak"

oleh rumi giselle  7 bulan yang lalu

"jauhi kerumunan tetap pakai masker dan prokes lainnya jangan sampe kita lupakan"

oleh joana panggabean  7 bulan yang lalu

"tetap waspada jangan sampe kita optimis sudah kebal padahal tidak"


Berikan Komentar: