Artikel

Jangan Panik, Begini Mengatasi Eror Aplikasi PeduliLindungi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Aplikasi PeduliLindungi kini menjadi salah satu syarat bagi masyarakat untuk melakukan sejumlah aktivitas sosial. Namun, adakalanya aplikasi ini tidak dapat digunakan karena suatu hal. Lalu bagaimana cara mengatasi eror aplikasi PeduliLindungi?

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi

Indonesia telah berhasil melalui puncak gelombang kasus Covid-19. Saat ini kasus Covid-19 di banyak daerah relatif lebih terkendali. Salah satunya dapat dilihat dari keterisian tempat tidur (BOR) yang terus menurun.

Dengan kondisi tersebut, pemerintah lantas menurunkan level pemberlakuan pembatasan kegiatan sosial (PPKM) di banyak daerah. Turunnya level PPKM ini juga diiringi dengan pelonggaran sejumlah aktivitas.

Masyarakat yang berada di daerah level 2-3 PPKM kini bisa mulai melakukan aktivitas di ruang publik. Tentunya, aktivitas itu harus dilakukan dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M secara lebih ketat.

Selain protokol kesehatan, masyarakat juga diminta mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Dari aplikasi ini akan diketahui apakah seseorang sudah menjalani vaksinasi atau belum, hingga proses skrining kesehatan dan bukti negatif Covid-19 dari PCR maupun Antigen bagi yang ingin bepergian.

Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi memiliki banyak sekali manfaat. Pertama adalah untuk verifikasi sertifikat vaksin. Di aplikasi ini, nantinya akan tersimpan sertifikat vaksin baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Manfaat kedua aplikasi PeduliLindungi adalah untuk 3T atau testing, tracing, dan treatment. Aplikasi ini akan membantu setiap warga dalam melakukan surveilans kesehatan.

Tak hanya itu, Aplikasi PeduliLindungi juga terintegrasi dengan data tes pemeriksaan Covid-19 dan vaksinasi Covid-19 secara nasional. Untuk tes, setiap warga yang melakukan tes baik PCR maupun Antigen, kini hasilnya dapat dikirim langsung ke akun PeduliLindungi masing-masing.

Mengatasi Eror Aplikasi PeduliLindungi

Namun demikian, adakalanya aplikasi PeduliLindungi ini tidak dapat diakses atau eror karena suatu alasan tertentu. Bisa jadi karena jaringan, kapasitas memori ponsel, atau memang aplikasi sedang dalam perawatan.

Berikut adalah tips mengatasi eror aplikasi PeduliLindungi sebagaimana dilansir dari laman Indonesiabaik.id, Sabtu (11/9):

  • Mulai ulang

Jika aplikasi PeduliLindungi eror, silakan menccoba untuk memuat ulang aplikasi. Bisa jadi setiap ponsel memiliki setelan berbeda-beda.

  • Memori

Pastikan kapasitas memori dalam ponsel mencukupi. Terlalu banyak aplikasi atau file yang disimpan dalam ponsel akan membuat aplikasi lain menjadi eror termasuk PeduliLindungi. Menumpuknya cache bisa jadi menghambat proses pemindaian QR Code aplikasi PeduliLindungi.

  • Jaringan Internet

Koneksi jaringan internet yang tidak stabil bisa jadi salah satu hal yang mempengaruhi error-nya proses pemindaian QR Code oleh aplikasi PeduliLindungi.

  • Pembaruan

Pembaruan sistem operasi perangkat dan aplikasi berguna untuk menyesuaikan spesifikasi sistem dengan aplikasi. Pastikan sistem operasi perangkat dan aplikasi dengan versi terbaru.

Demikian adalah tips dan kiat mengatasi eror aplikasi PeduliLindungi. Semoga bermanfaat. (WIL)

Simak konten pilihan berikut:


0 komentar untuk “Jangan Panik, Begini Mengatasi Eror Aplikasi PeduliLindungi”
Berikan Komentar: