Artikel

Kabar Baik di Penghujung Tahun: Tingkat Pengangguran Turun

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan kabar baik di penghujung tahun 2021 ini. Menurutnya, tingkat pengangguran di Indonesia terus mengalami penurunan di samping meningkatnya lapangan kerja baru.

Dalam webinar Arah Bisnis 2022 di Jakarta, Rabu (15/12), Sri Mulyani menyebutkan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi harus diiringi dengan penciptaan lapangan kerja baru.

Pasalnya, kata dia, banyak tenaga kerja yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi Covid-19 yang menghantam dunia sejak Maret 2020 silam.

Namun, lambat laun permasalahan pengangguran ini mulai membaik. Sri Mulyani mencatat, sejak tahun 2020 ada 2,6 juta lapangan kerja baru tercipta. Hak itu membuat jumlah angkatan kerja meningkat sebanyak 1,9 juta.

"Kami lihat penyerapan (tenaga kerja) ini paling kuat di sektor manufaktur, karena sektor ini telah menyediakan 1,22 juta lapangan kerja baru sejak Agustus 2020," kata dia.

Di posisi kedua ada sektor perdagangan. Eks Managing Director Bank Dunia itu menyebutkan, sektor perdagangan berhasil menciptakan 1,04 juta lapangan kerja hingga saat ini. Kemudian disusul oleh beberapa sektor lain seperti konstruksi, akomodasi, penyediaan makanan dan minuman, hingga pertambangan.

Sri Mulyani melanjutkan, adanya lapangan kerja baru itu membuat tingkat pengangguran Indonesia turun. Saat ini pengangguran terbuka mengalami penurunan 6,5 persen dari awalnya sebesar 7,1 persen sejak Agustus 2020.

"Jumlah pengangguran akibat Covid-19 awalnya 2,6 juta, sekarang turun 29% jadi 1,8 juta orang," pungkasnya. (WIL)