Artikel

Kabar Baik, Indonesia Bakal Dapat Vaksin dari Amerika Serikat

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kabar baik datang dari Amerika Serikat. Indonesia masuk dalam daftar negara yang akan memperoleh pasokan vaksin Covid-19 dari negeri Paman Sam tersebut.

Kepastian Indonesia sebagai penerima vaksin itu disampaikan langsung oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Ia menyebutkan, vaksin untuk Indonesia akan didistribusikan akhir bulan ini.

Biden mengatakan, negaranya memiliki sisa vaksin sebanyak 80 juta dosis. Dari jumlah itu, 75 persen akan dibagikan untuk program vaksinasi global melalui Covax Facility.

Menurut Biden, Amerika Serikat berkomitmen untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19 dan meningkatkan cakupan vaksinasi global. Ia berharap vaksinasi yang diberikan negaranya itu diprioritaskan kepada petugas kesehatan dan kelompok rentan.

"Kami membantu tetangga ami dan negara lain yang membutuhkan. Dan seperti yang telah kami nyatakan sebelumnya, Amerika Serikat tidak akan menggunakan memberikan vaksin untuk mendapat imbalan dari negara lain," kata Biden dilansir CNN, Kamis (24/6).

Gedung Putih menjelaskan, ada 41 juta dosis vaksin yang akan disalurkan melalui skema Covax Facility. Angka tersebut akan dibagikan berdasarkan zona wilayah.

Amerika Latin dan Karibia mendapat alokasi 14 juta. Jumlah itu akan dibagikan ke Brasil, Argentina, Kolumbia, Paraguay, dan sejumlah negara lain.

Sementara kawasan Asia akan mendapat bagian 16 juta dosis. Negara di kawasan ini yang akan menerima adalah Indonesia, India, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, Malaysia, dan sebagainya.

Selain via Covax, Amerika juga akan membagikan langsung sekitar 14 juta dosis vaksin kepada sejumlah negara seperti Indonesia, Mesir, Yordania, Irak, Yaman dan sebagainya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: