Artikel

Kabar Baik! Nilai Investasi di Luar Jawa Tahun Ini Meningkat

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Nilai investasi di luar Pulau Jawa mengalami peningkatan selama tahun 2021 ini. Diharapkan peningkatan bisa terus terjadi sehingga nilai investasi bisa mengalami pemerataan.

Presiden Joko Widodo mengatakan, peningkatan nilai investasi di luar Pulau Jawa ini dipengaruhi beberapa aspek. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur yang memicu peningkatan investasi.

“Kita patut bersyukur angka investasi tahun ini di luar Jawa semakin meningkat dan lebih tinggi dibandingkan di Jawa. Peningkatan investasi di luar Jawa ini tidak lepas dari upaya kita dalam menyiapkan infrastruktur secara merata di seluruh penjuru tanah air,” kata Presiden mengutip laman Setkab, Kamis (9/12).

Presiden menegaskan, saat ini pemerintah melakukan pembangunan dengan pendekatan Indonesia sentris. Dengan begitu, pembangunan bisa merata dan tidak terpusat di Jawa.

Pasalnya, imbuh Presiden, daerah di luar Jawa berpotensi tumbuh dengan cepat jika didukung oleh infrastruktur, konektivitas, dan transportasi yang memadai.

"Sehingga produksi akan meningkat, distribusi akan lancar, menjangkau pasar yang semakin besar, semakin luas, dan menekan waktu serta biaya, sehingga biaya logistik menjadi semakin efisien dan semakin kompetitif,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) realisasi investasi Triwulan III-2021 atau periode Juli-September mencapai Rp216,7 triliun.

Realisasi investasi di Pulau Jawa mencapai Rp104,2 triliun (48,1 persen), sedangkan di luar Pulau Jawa sebesar Rp112,5. (WIL)