Artikel

Kabar Baik! Penerimaan Negara dari Sektor Pajak Memuaskan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Penerimaan negara dari sektor pajak sangat memuaskan di tengah badai pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat berbicara di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) pada Rabu (24/11) lalu.

"Saya mendapat kabar dari Bu Menteri Keuangan. Capaian dari pajak sangat baik, bea cukai sangat baik," katanya mengutip laman Setkab, Jumat (26/11).

Selain dari pajak, Presiden menyebut penerimaan negara bukan pajak (PNPB) juga mencatatkan hasil yang memuaskan. PNPB, imbuhnya sudah mencapai angka lebih dari 100 persen.

Selain itu, PNPB juga mencatatkan peningkatan yang signifikan dibanding tahun 2020 lalu. Secara tahunan atau year-on-year (yoy), PNPB tumbuh sebesar 18 persen.

"Ini angka yang sangat besar sekali," tandasnya.

Lebih jauh, Presiden juga menyinggung soal konsumsi masyarakat di tengah pandemi. Berdasarkan data, indeks keyakinan konsumen sudah kembali pada posisi normal seperti sebelum pandemi melanda.

Begitu indeks ritel dan penjualan. Menurut Presiden, indeks ritel dan penjualan atau retail and sales index ini terus menguat seiring dengan pelonggaran aktivitas yang dilakukan pemerintah.

Meski demikian, eks Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan agar capaian-capaian tersebut membuat terlena. Pasalnya, menurut Presiden, dalam beberapa waktu ke depan dunia masih akan menghadapi ketidakpastian selama pandemi belum benar-benar berakhir.

"Tapi sekali lagi, ketidakpastian itu selalu mengintip, hati-hati. Kita tetap optimistis tapi tetap harus hati-hati," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut mengapresiasi jajaran pemerintah dalam ranah keuangan atas kerja samanya dalam menghadapi permasalahan selama masa pandemi. Menurutnya, permasalahan tersebut membutuhkan kehati-hatian karena sulit untuk dikalkulasi. (WIL)


0 komentar untuk “Kabar Baik! Penerimaan Negara dari Sektor Pajak Memuaskan”
Berikan Komentar: