Artikel

Kabar Baik, Vaksin Sinovac Efektif Cegah Gejala hingga Kematian akibat Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Vaksin CoronaVac buatan Sinovac China yang menjadi salah satu vaksin dalam program vaksinasi nasional di Indonesia kian terbukti ampuh dalam melawan Covid-19. Setelah mendapat izin darurat dari WHO pada awal Juni 2021 lalu, penelitian di Chile menunjukkan efektivitas vaksin Sinovac dalam mencegah gejala hingga kematian akibat Covid-19.

Penelitian skala besar tentang efektivitas vaksin Sinovac itu dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Chile pada Februari hingga Mei 2021. Periode tersebut berbarengan dengan merebaknya varian Alpha dan Gama di negara tersebut.

Dalam penelitian itu, sebanyak 10,2 juta orang terlibat dengan rincian, 4,2 juta orang sudah mendapatkan vaksin Sinovac dua dosis, 500 ribu orang baru mendapatkan satu dosis, dan 5,5 juta orang belum divaksinasi.

Ada empat indikator yang diteliti dalam kajian tersebut. Pertama efektivitas Sinovac terhadap gejala Covid-19. Kedua efektivitas terhadap kemungkinan dirawat inap. Ketiga efektivitas terhadap kemungkinan masuk ruang ICU. Dan keempat efektivitas terhadap kematian akibat Covid-19.

Hasilnya cukup meyakinkan. Vaksin Sinovac efektif mencegah gejala Covid-19 hingga 65,9 persen. Efektivitas Sinovac dalam mencegah kemungkinan rawat inap karena Covid-19 sebesar 87,5 persen.

Sementara efektivitas Sinovac mencegah seseorang masuk ruang ICU akibat Covid-19 sebesar 90,3 persen. Sedangkan efektivitas Sinovac mencegah kematian sebesar 86,3 persen.

Hasil penelitian ini menjawab keraguan dunia terhadap vaksin Sinovac. Diketahui, vaksin buatan China ini mendapat diskriminasi dari media-media Barat. Bahkan Singapura tidak menganggapnya dalam program vaksinasi nasional mereka.

Padahal, Vaksin Sinovac sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Khusus di Indonesia, Vaksin Sinovac ini juga sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: