Artikel

Kabar Gembira, Vaksin Sinovac Bisa Digunakan untuk Anak-anak

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Vaksin Sinovac Biotech akhirnya bisa digunakan untuk anak-anak rentang usia 3-17 tahun. Hal ini berdasarkan pengumuman pendiri Sinovac Biotech, Yin Weidong.

Yin Weidong mengatakan izin pemberian vaksin corona untuk anak-anak di atas 3 tahun ini merupakan yang pertama di dunia. Hingga saat ini, tak satupun negara yang memperbolehkan anak-anak divaksin Corona. Mereka yang diperbolehkan menerima vaksinasi adalah golongan usia 18 tahun ke atas.

Sayangnya, pemerintah China belum mengumumkan tanggal pasti kapan akan dimulai program vaksinasi untuk anak-anak. Lantaran, anak-anak mendapatkan prioritas yang sangat rendah untuk divaksin Covid-19 jika dibandingkan orang yang lebih tua yang lebih tinggi kemungkinan terinfeksi.

Penggunaan darurat vaksin Covid-19 Sinovac untuk anak-anak ini telah melewati serangkaian uji klinis. Anak-anak yang mengikuti uji klinis mendapat tiga dosis suntikan vaksin Sinovac. Hasil uji klinis fase I dan II menunjukkan vaksin bisa memicu respon imun anak. Kekebalan tubuh anak meningkat 10 kali lipat dalam seminggu dan 20 kali lipat dalam dua minggu.

Efek samping dari vaksin Sinovac untuk anak-anak sejauh ini dilaporkan masih dalam taraf ringan.

“Sinovac masih perlu menyelesaikan pengamatan jangka panjang dan durasi antibodi sebelum dapat membuat rekomendasi kepada pihak berwenang tentang kapan dosis ketiga harus diberikan,” kata Yin dikutip dari Kompas.com, Selasa(8/6).

Edukator Covid-19, dr RA Adaninggar mengatakan dengan diberikan izin penggunaan darurat ini berarti vaksin Sinovac ini efektif dan aman untuk anak-anak pada rentang usia tersebut. Hal ini menurutnya bisa jadi sedikit harapan dalam memulihkan dunia pendidikan yang kerap dirisaukan.

“Vaksin itu sudah selesai menjalani uji klinis tahap I dan II yang melibatkan ratusan relawan dari usia tersebut. Hasilnya, vaksin itu memberi keamanan dan efikasi yang sama seperti pada orang dewasa selama ini,” kata dr Ning seperti dikutip dari Minews.

Untuk diketahui, selain vaksin buatan Sinovac, vaksin lain buatan China yakni Sinopharm juga tengah mengajukan persetujuan darurat untuk vaksinasi anak. (CHE)